APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Unimal Segera Buka Kelas Internasional

avatar penulis

Anisa estu murbawani

1 February 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

LHOKSEUMAWE | POLITIKITA.COM – Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Prof Apridar dan Rektor University Malaysia Serawak (Unimas) Prof Datuk Mohammad Kadim Suaidi, menandatangani perjanjian kerjasama, Kamis (9/10/2017) di Serawak, Malaysia. Dalam perjanjian itu disepakati Unimal segera membuka kelas internasional untuk jenjang sarjana dan magister. Mahasiswa direncanakan berasal dari Malaysia, Timor Leste dan negara Asia lainnya.

Rektor Unimal, Prof Apridar melalui siaran pers menyebutkan beberapa poin kesepakatan kerjasama yaitu pertukaran pelajar, dosen dan penelitian bersama. Selain itu, juga digelar program pengabdian masyarakat internasional secara bersama antara mahasiswa kedua kampus tersebut.

Guru besar bidang ekonomi itu menyebutkan, kedua kampus sepakat melakukan pertukaran pelajar. Formulasinya, mahasiswa Unimal yang akan ikut program tersebut akan kuliah di Malaysia selama satu tahun. “Begitu juga sebaliknya. Mahasiswa Unimas akan kuliah selama setahun atau dua semester di Unimal. Untuk tahun pertama, ini dibatasi dulu jurusan yang berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unimal seperti ekonomi akutansi, manajemen, ekonomi Islam, ekonomi pembangunan dan magister manajemen,” katanya.

Selain itu, akan digelar kuliah tamu secara rutin antar kedua kampus tersebut. Para ahli sesuai bidang keilmuan dari Unimal akan memberi kuliah tamu di Malaysia begitu juga sebaliknya.

Selain itu, disepakati pula penggunaan fasilitas bersama. Artinya, laboratorium dan perpustakaan kedua kampus itu bisa diakses oleh dosen dan mahasiswa secara bersama-sama.

“Kita harap, kerjasama ini bisa meningkatkan kemampuan mahasiswa, dosen dan pada akhirnya meningkatkan kualitas lulusan kedua kampus. Kerjasama dengan kampus di dunia lainnya juga telah dilakukan, ini langkah untuk Unimal go internasional,” pungkasnya. Turut hadir Dekan FEB Unimal, Wahyuddin Albra. |re Sumber : Politikkita