redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Unram Perbanyak Dosen Tamu Asing

avatar penulis

Fikha Ardiani

30 January 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

MATARAM - Universitas Mataram (Unram) memperbanyak dosen tamu dari Selandia Baru, dari dua menjadi empat orang. Upaya ini ditempuh demi meningkatkan kualitas perguruan tinggi negeri di Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

"Kami sudah kukuhkan dua profesor dari Universitas Massey, Selandia Baru, sebagai dosen tamu dan kami akan tambah jadi empat orang untuk bidang pertanian dan teknologi pangan," kata Rektor Unram Prof H Sunarpi, di Mataram, seperti dilansir Antara, Senin (21/3/2016).

Sunarpi mengatakan, upaya memperbanyak dosen tamu dari universitas ternama di luar negeri sebagai bagian dari upaya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) yang ingin sekali meningkatkan jumlah universitas kelas dunia, terutama yang berstatus badan hukum. Saat ini, peringkat perguruan tinggi negeri (PTN) badan hukum Indonesia di kisaran 500 atau jauh di bawah PTN Malaysia di kisaran 200 dan PTN Singapura di kisaran 150 dunia.

"Peringkat PTN yang besar-besar, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung berada di kisaran 500 dunia," ujarnya.

Kehadiran dosen tamu asing, kata Sunarpi, diharapkan akan mampu mendongkrak PTN di Indonesia yang sudah besar, mnimal bisa bersaing dengan universitas di kawasan Asia Tenggara.

"Dosen tamu asing itu diharapkan akan mengakselerasi dosen PTN besar di Indonesia, dalam melakukan riset bersama, menulis buku, proposal dan artikel ilmiah untuk jurnal internasional," katanya.

Kaitan dengan dosen tamu dari Selandia Baru yang mengajar di Unram, lanjut Sunarpi, juga merupakan bagian dari kerjasama proyek di bidang pertanian dan teknologi pangan yang sudah berjalan Unram mencari dosen tamu asing yang relatif murah dari sisi biaya, bahkan tidak berbayar.

"Kalau kami yang mengundang, terkadang nenanggung biaya. Nah kebetulan ada kerjasama proyek lima tahun dengan Universitas Massye, yang didanai Pemerintah Selandia Baru, sekalian saja kami minta guru besarnya jadi dosen tamu," ucapnya.

Sunarpi menjelaskan, kerjasama Unram dengan Universitas Massey, Selandia Baru, di bidang pertanian dipusatkan di Kabupaten Lombok Utara dan Dompu. Bentuk kerjasama yang ditawarkan Universitas Massey berupa bantuan penerapan peralatan teknologi yang dapat meningkatkan produktivitas pertanian

(www.news.okezone.com).