redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Mikroskil Antusias Mengikuti Content Creator Fest 2022

avatar penulis

Bu Suci bagian kerjasama

16 July 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Dinas Pariwisata Kota Medan mengundang masyarakat umum, pelajar hingga mahasiswa-mahasiswi kota Medan, termasuk 5 orang mahasiswa- mahasiswi Universitas Mikroskil untuk berpartisipasi dalam acara Workshop Content Creator Fest 2022 pada Rabu, 29 Juni 2022 bertempat pada Emerald Garden International Hotel Medan.

Pada kegiatan tersebut Dinas Pariwisata Kota Medan turut mengundang 3 narasumber yaitu para content creator Medan yang sudah cukup andal di bidangnya masing-masing yaitu Andi Lubis, Johannes Sinaga, dan Gandhy November untuk membagikan pengalaman serta pembelajaran untuk menjadi seorang Content Creator.

Acara ini diselenggarakan untuk memahami bagaimana cara untuk menjadi Content Creator serta mengenal narasumber-narasumber yang mahir di dalam bidang Content Creator.

Pada acara kali ini, narasumber pertama yaitu Andi Lubis, membagikan sedikit pengalaman melalui ceritanya mengenai “Foto Kreatif Kamera Ponsel”, menurut beliau selain menggunakan kamera digital untuk memotret gambar yang bagus, kamera ponsel tidak kalah jauh dan bahkan lebih minimalis serta ergonomis untuk digunakan karena ponsel zaman sekarang lebih terjangkau dan lebih up to date, selain itu kamera ponsel juga relatif lebih kecil dan mudah dibawa kemana saja, dan hasil dari kamera ponsel juga dapat langsung dibagikan ke media sosial. “Secanggih-canggihnya sebuah alat, tetaplah itu merupakan sebuah alat yang membutuhkan operator. Hal yang dibutuhkan ialah kreativitas.” ujar beliau. Tips dari beliau dalam memotret foto untuk konten yang menarik ialah, membangun ceritanya, menangkap hal yang unik dan istimewa, serta bisa mendatangkan manfaat bagi orang lain.

Narasumber kedua, Johannes Sinaga atau dikenal dengan sebutan Bang Jo. Beliau merupakan seorang social media enthusiast dan founder Instagram @anakkuliah, yang merupakan sebuah akun sosial media yang menceritakan tentang kampus dan mahasiswa serta pengetahuan umum. Beliau mengatakan bahwa kita dapat membuka usaha dengan bermain media sosial, seperti membuka online shop, endorsement hingga membuat konten. “Selain kita butuh kredibilitas, kita juga butuh untuk konsisten.” ujar beliau.

Terakhir, narasumber ketiga yaitu Ghandy NovemberContent Creator dan Youtuber Medan yang memiliki sebanyak 216 ribu subscriber di channel youtubenya, serta 59 ribu pengikut Instagram dan 87 ribu pengikut tiktok. "Saya sudah memulai jadi kreator konten video di Youtube sejak 2016. Dan bukanlah hal yang mudah untuk bertahan sampai di titik seperti saat ini. Kreator konten memang harus terbiasa berpikir kreatif dan selalu mengembangkan diri mengikuti perkembangan digital yang juga begitu cepat. Saya yakin setelah acara ini akan lahir banyak kreator konten hebat lainnya di Medan," tutup Ghandy. Dalam pemaparannya Ghandy November menyatakan bahwa konten kreator harus pandai membaca peluang dan terus mengembangkan diri agar tidak tertinggal di era digital ini.

Walikota Medan, Bobby Nasution berpesan kepada para content creator agar jeli melihat hal kecil yang menjadi potensi, tetapi luput dari perhatian orang lain. Termasuk sisi menarik dari Kota Medan. Dengan demikian, ibukota Provinsi Sumatera Utara dapat semakin dikenal secara positif.

Dalam kesempatan itu, Bobby juga menantang para content creator untuk membuat konten menarik selama mengikuti pelatihan. “Bagi dua orang pemenang, akan saya beri hadiah masing-masing sebesar Rp5 juta,” katanya.

Kadis Pariwisata Kota Medan, Agus Suriyono, melaporkan Content Creator Fest diikuti oleh 200 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum. “Para content creator ini nantinya bisa mendukung sektor pariwisata dan ekraf Kota Medan,” harap beliau.