redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Menuju Technopreneurs Campus, Universitas Mikroskil Bekerja Sama Dengan University of Wollongong Malaysia KDU

avatar penulis

Bu Suci bagian kerjasama

12 July 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pada tanggal 6 Juli 2022, Universitas Mikroskil mengadakan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dengan University of Wollongong Malaysia KDU. 

Mengingat masa pandemi belum berakhir, pihak UOW Malaysia mengikuti prosesi secara virtual melalui Zoom, sementara Universitas Mikroskil memandu secara offline di aula Kampus C lantai 5, Jl. M.H. Thamrin Nomor 140, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara. 

Prosesi tersebut dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari kedua Universitas, di antaranya hadir Prof. Dr. Hiew Pang Leang selaku Vice Chancellor dari UOW Malaysia KDU, Bapak Caleb Kong, dan jajaran timnya. Dari pihak Mikroskil sendiri turut hadir Dr. Pahala Sirait, S.T., M.Kom., selaku Rektor Universitas Mikroskil dan para jajaran Wakil Rektor yaitu, Bapak Gunawan,S.kom., M.T.I. , Bapak Djoni,S.kom., M.T.I. , Bapak William,S.kom., M.M. dan Bapak Andri,S.kom., M.T.I., serta Ketua Yayasan Bina Pertiwi Medan, Ibu Tien Irawati. Selain itu beberapa dosen tetap Universitas Mikroskil juga ikut serta dalam acara penandatanganan MoU ini. Disertai kehadiran Bapak Aiyub Bin Omar selaku Konsulat Jenderal Malaysia sebagai saksi penandatanganan kerja sama tersebut.

Dalam pidato sambutannya, Rektor Universitas Mikroskil, Dr. Pahala Sirait, S.T., M.Kom., mengucapkan “Visi dari Universitas Mikroskil adalah menjadi Universitas Technopreneur dan memiliki misi menghasilkan sumber daya manusia dengan semangat Technoprenuer,”  

Prof. Dr. Hiew Pang Leang menyatakan, “Sama seperti Universitas Mikroskil, fokus dari UOW adalah mendorong, mendukung, dan memelihara pertumbuhan entrepreneurship  melalui program yang akan dikolaborasikan hari ini.” 

Bentuk kerja sama yang terjalin untuk para rekan globalnya dapat berupa program pertukaran pelajar, kunjungan akademik, kolaborasi akan kurikulum pembelajaran, serta dukungan pelatihan profesional hingga pergantian pelajar dan bootcamp bagi mahasiswa. Jelas Prof. Dr. Hiew Pang Leang. 

Acara ini dilanjutkan dengan berbagai runtutan prosesi seperti pengenalan program universitas oleh salah satu mahasiswa Mikroskil, Felix Jansen Tanjaya. Kemudian introduksi program perkuliahaan hingga kualifikasi UOW Malaysia KDU oleh Bapak Caleb Kong, diikuti pertunjukan atraksi UKM Mikroskil Taekwondo Club, serta hadirnya saudari Indah Purnama Sari untuk berbagi pengalaman selama menempuh pendidikan di UOW Malaysia KDU. 

Tujuan kerja sama ini adalah membangun sinergi dalam mengembangkan kualitas pendidikan baik di Indonesia maupun Malaysia. Dengan nota kesepakatan ini, kerja sama antara kedua universitas akan lebih berfokus mencapai tujuan bersama. 

Untuk memperkuat komitmen dalam realisasi kerja sama tersebut, dilakukan penandatanganan secara virtual oleh Dr. Pahala Sirait, S.T., M.Kom. dan Prof. Dr. Hiew Pang Leang diikuti dengan foto bersama via zoom antara para petinggi Universitas Mikroskil dengan perwakilan dari University of Wollongong Malaysia KDU. 

“Saya harap penandatanganan MoU ini dapat memberikan manfaat kepada kualitas akademik juga kepada para mahasiswanya, dan juga manfaat yang setimpal di antara kedua universitas,” ucap Aiyub Bin Omar selaku Konsulat Jenderal Malaysia, di sela-sela pidato sambutannya. 

Di penghujung prosesi, pembawa acara memberi sinyal penutup dengan ucapan terima kasih diakhiri penampilan salah satu UKM Universitas Mikroskil, yaitu Mikroskil Singing Club. 

Dengan terjalinnya kerja sama ini diharapkan dapat memberikan pengaruh baik dan bermanfaat bagi para mahasiswa di kedua negara dan dapat menghasilkan sumber daya manusia berkualitas.