redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara oleh dr. Sofyan Tan kepada Mahasiswa Universitas Mikroskil

avatar penulis

Bu Suci bagian kerjasama

18 July 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pada tanggal 13 Juli 2022, di aula kampus C Lantai 5, Jl. M.H. Thamrin Nomor 140, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara. Universitas Mikroskil kembali menghadirkan Anggota MPR RI Fraksi Partai PDI-Perjuangan, dr Sofyan Tan dalam mengadakan sosialisasi. Terakhir kali dr. Sofyan Tan hadir mengadakan sosialisasi adalah  pada saat Universitas Mikroskil masih berbentuk sekolah tinggi.  

Sosialisasi kali ini dihadiri oleh Dr. Pahala Sirait, S.T., M.Kom. selaku Rektor Universitas Mikroskil, Saliman, S.T. selaku Manajer Humas dan Kerja Sama, serta berdiri para Dekan Fakultas, Kaprodi dan deretan Wakil Rektor sebagai bagian dari Universitas Mikroskil dalam penyambutan dr. Sofyan Tan dan tim. Para orang tua mahasiswa dan mahasiswa-mahasiswi penerima KIP Kuliah juga hadir dan antusias memperhatikan pemaparan materi sosialisasi tersebut. 

Setelah sesi pembukaan, sosialisasi dilanjutkan dengan pemanjatan doa oleh Ir. Erwin Setiawan Panjaitan, MMSI., Ph.D. dan dilanjutkan dengan pidato sambutan dari Dr. Pahala Sirait, S.T., M.Kom. dalam pidato tersebut disampaikan: “Momen-momen seperti ini sangat kami harapkan, dan dibawakan langsung oleh perwakilan kita di DPR pusat, jadi kita harapkan negara dengan seribu suku bangsa dan bahasa yang berbeda-beda tentu harus memiliki sebuah pengikat yang mempersatukan, itulah empat pilar yang akan disampaikan dr. Sofyan Tan hari ini.” 

“Kalau meja itu dikasih tiga pilar gak kuat, tapi kalau dikasih empat tiang barulah meja itu kokoh. Negara kita perlu ditopang oleh empat pilar yang membuatnya kokoh, seperti halnya membangun suatu bangunan, semakin tinggi bangunan, fundamentalnya (pondasinya) harus semakin dalam, agar tahan dengan guncangan,” ucap dr. Sofyan Tan saat pemaparan materinya. 

Tujuan dari sosialisasi ini sendiri adalah untuk mengedukasi dan menekankan nilai-nilai kebangsaan kepada para peserta dengan dampingan orang tua didik terhadap pilar-pilar persatuan yakni, Pancasila sebagai pondasi utama, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai dinding pembatas, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berperan sebagai atap, dan yang terakhir Bhinekka Tunggal Ika sebagai orang-orang yang mendiami rumah tersebut. 

Mengenai program KIP Kuliah, Universitas Mikroskil menjadi salah satu kampus sasaran dr. Sofyan Tan dalam pemberian bantuan pendidikan melalui Rumah Aspirasi. 

“Karena Mikroskil yang on the track, memegang teguh terhadap hal tersebut, pendidikan yang berkualitas sekaligus juga memberikan perhatian kepada anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi agar bisa berkuliah, dengan cara tersebut saya semakin kuat hati saya bahwa saya tidak salah memilih Mikroskil sebagai tempat saya memberikan bantuan,” tegas dr. Sofyan Tan di sela-sela pidato sambutannya. 

Rektor Universitas Mikroskil mengucapkan syukur serta terimakasih atas bantuan pendidikan yang diberikan oleh dr. Sofyan Tan. 

“Kami dari Universitas Mikroskil merasa bersyukur, salah satu dari kampus sasaran dr. Sofyan Tan adalah Universitas Mikroskil, Universitas Mikroskil tidak mempunyai kuasa untuk mendapatkan KIP Kuliah ini tentunya kami juga mengharapkan bantuan, melalui Bapak Sofyan Tan inilah, kita mendapatkan KIP Kuliah ini.” Jelas Pahala Sirait pada pidato sambutannya.  

Rektor Universitas Mikroskil juga berpesan kepada para mahasiswanya agar dapat memanfaatkan bantuan pendidikan ini untuk terus belajar dengan giat agar dapat menjadi sumber daya yang berkualitas kedepannya. 

“Kami berharap, adik-adik dengan biaya yang dikeluarkan pemerintah, jadilah mahasiswa-mahasiswi berprestasi, harapan bangsa yang bisa menjaga nama baik kampus kita dan juga membantu memajukan negara ini.” Ucap Pahala Sirait di akhir pidato sambutannya.  

Acara ini turut dimeriahkan oleh salah satu UKM Universitas Mikroskil, yakni Mikroskil Singing Club yang diwakili oleh Ezra Monica Siregar dan Rahel Olivia Marpaung dengan lagu “I Surrender” diiringi Josua Ronitua Hutajulu, kemudian dilanjutkan foto bersama dengan rektor dan para wakil rektor serta jajaran seketaris jurusan dengan simbol Pancasila, yakni Lima Jari sebagai penutup.  

Di penghujung sosialisasi dr. Sofyan Tan berharap dengan adanya sosialisasi dan bantuan program ini diharapkan Mikroskil berserta para mahasiswanya dapat terus belajar dan dapat terus berkontribusi untuk masa depan. 

“itulah kehadiran saya hari ini, Mudah-mudahan Mikroskil tetap jaya dan dapat terus memberikan kontribusi bagi sesama.” Ucap dr. Sofyan Tan di akhir pemaparan sosialisasi.