redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Terjalinnya Kerja Sama Universitas Mikroskil Dengan Institut Teknologi Del (It Del)

avatar penulis

Bu Suci bagian kerjasama

30 November 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pada hari Jumat, 12 Agustus 2022, Universitas Mikroskil menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi Institut Teknologi Del (IT Del). Kerja sama yang terjalin antar dua perguruan tinggi tidak terlepas dari tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perjalanan yang menempuh sejauh 218 km dengan waktu lebih kurang 5 jam tidak menyurutkan tim Universitas Mikroskil melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi IT Del.

Selama kerja sama berlangsung, banyak diskusi yang terjalin antar dua perguruan tinggi. Diskusi yang terjalin seperti di bidang pendidikan yang melibatkan program MBKM yakni pertukaran dosen atau pelajar, cara melakukan konversi SKS pada mahasiswa yang mengikuti magang. Lalu di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dosen dari kedua perguruan tinggi bisa berkolaborasi melakukan penelitian bersama atau pengabdian bersama. Selain itu, terdapat diskusi mengenai pengelolaan mahasiswa beserta organisasi mahasiswa dalam melakukan kegiatan atau perlombaan. Masing-masing perguruan tinggi memiliki keunikan dalam penyambutan mahasiswa baru seperti Program Cinta Almamater pada IT Del dan Mikroskil Powerful Training pada Universitas Mikroskil.


Rektor Universitas Mikroskil, Dr. Pahala Sirait, S.T., M.Kom. mengatakan bahwa diskusi dari kedua tim perguruan tinggi dapat direalisasikan lebih lanjut dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) sehingga banyak kegiatan yang bisa tercapai dalam kerja sama ini. Rektor IT Del, Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, ST., M.InfoTech. juga menyebutkan hal yang sama terkait kerja sama ini. Beliau menyatakan bahwa basis dari kedua perguruan tinggi berada di bidang yang sama sehingga banyak kegiatan yang bisa dikolaborasikan dan dituangkan ke dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS).