redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Universitas Mikroskil Dapatkan Pendanaan Dari Kemdikbudristek Ri Lewat Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) 2022

avatar penulis

Bu Suci bagian kerjasama

16 August 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) merupakan pengembangan program Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) yang telah dimulai dari tahun 2019 yang berfokus pada pembinaan perguruan tinggi dalam rangka penguatan ekosistem digital di lingkungan perguruan tinggi.

Dengan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), program IWDM memiliki kegiatan utama yaitu proses akselerasi usaha digital dan bantuan dana pengembangan guna terus mendorong iklim usaha digital di Indonesia yang sudah terbangun. Program tersebut diperuntukkan bagi perguruan tinggi dan usaha digital mahasiswa, mulai dari tahap ide (prototype) hingga usaha yang sudah bertumbuh. Diharapkan akan timbul potensi usaha digital yang tidak hanya di kota-kota besar, namun juga bertumbuh usaha-usaha digital di daerah yang akan melahirkan local heroes baru sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian di daerahnya. Melalui program IWDM ini, diharapkan dapat terjalin kolaborasi antara pelaku industri digital dan dunia pendidikan yang akan menghasilkan generasi baru bagi penggiat usaha digital di Indonesia.

Program IWDM ditujukan untuk mahasiswa yang baru dan telah memiliki usaha digital agar dapat mengakselerasi, lebih terarah dan berkelanjutan dalam menjalankan bisnisnya. Sejak diluncurkan pada tahun 2019, telah banyak wirausaha digital mahasiswa yang bermunculan, bertumbuh dan ikut berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

Tahun 2022 ini, 1 tim Universitas Mikroskil berhasil mendapatkan bantuan IWDM 2022 dengan judul usulan: Speak Live Solusi Cerdas Peningkatan Mutu Pendidikan Era Digitalisasi Berbasis Manajemen Sistem yang diketuai oleh: Zsalsa Azzahra Maha (198111337), Tio Lina Napitupulu (198111001), Melky Sitorus (201112044), Nita Veronika Silitonga (197110727)  dan Juan Antonio Vivaldy Saragih (202111681) di bawah bimbingan dosen pembimbing yakni, Bapak Sio Jurnalis Pipin, S.Kom., M.Kom.

Penerima bantuan ini adalah Perguruan Tinggi Akademik di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemdikbudristek. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan telah melakukan seleksi substansi dan justifikasi anggaran yang telah diajukan oleh perguruan tinggi serta mahasiswa dari tanggal 30 Juni – 15 Juli 2022 dan didapat 49 perguruan tinggi dan 64 kelompok mahasiswa yang telah lolos seleksi bantuan pengembangan wirausaha digital dalam program IWDM 2022 dari 461 usulan proposal mahasiswa sebagaimana terlampir pada pengumuman Penerima Bantuan Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) 2022 per 2 Agustus 2022 lalu yang juga dapat diakses melalui laman https://kesejahteraan.kemdikbud.go.id/iwdm. Selamat kepada tim IWDM Universitas Mikroskil, berkarya selalu.