APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Universitas Muhammadiyah Gorontalo Target Aparatur Desa Masuk Bangku Kuliah

avatar penulis

Fikha Ardiani

22 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG) menargetkan para aparatur pemerintahan desa untuk mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

Menurut Rektor UMG Prof Nelson Pomalingo, Minggu, ada tiga hal penting yang menjadi alasan mengapa pihaknya menargetkan mahasiswa sebanyak¬banyaknya dari aparatur desa. Yaitu, sumber daya manusia (SDM) Pemerintah Desa harus berkualitas sebab mereka akan menjadi motivator dan penyemangat bagi masyarakat.

"Kalau aparatur tidak sekolah, bagaimana bisa mendorong masyarakat untuk sekolah," ujar Nelson saat peresmian kampus 7 di lokasi SMP Muhammadiyah Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Selain itu, visi membangun dari desa bukan bertumpuh pada pembangunan infrastruktur semata namun bagaimana menyiapkan SDM profesional yang akan merancang pembangunan di desanya, termasuk mengelola anggaran dana desa yang mulai dikucurkan tahun ini.

Nelson berharap, upaya UMG membuka kampus 7 di Gorontalo Utara seperti kampus¬kampus lainnya di wilayah terjauh diantaranya Torsiaje di Kabupaten Pohuwato serta Boalemo akan mendorong peningkatan SDM di setiap desa. "Kampus harus berada dekat dengan daerah dan wajib berkolaborasi dengan pemerintah daerah sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki," ujar Nelson.

UMG juga memberikan beasiswa kepada aparatur desa berprestasi, seperti yang diberikan kepada bendahara Desa Monano Atas, Kecamatan Monano, dengan harapan akan merangsang aparatur lainnya untuk memanfaatkan keberadaan kampus 7.

Saat ini kata Nelson, UMG menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang terakreditasi B di Gorontalo dengan jumlah mahasiswa mencapai 4.000 dan jumlah dosen mencapai 195 orang. 11 dosen diantaranya sedang menempuh pendidikan Strata tiga (S3), mengingat tahun ini pihaknya menargetkan 30 orang doktor.

 

https://www.gorontaloprov.go.id/informasi/berita/prov-gorontalo/universitas-muhammadiyah-gorontalo-target-aparatur-desa-masuk-bangku-kuliah