redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Road TO MILAD 24 Tahun MAPALA UM Palopo Peringati Hari HAM

avatar penulis

Merriam Merriam

16 December 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Palopo-Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Muhammdiyah Palopo (MAPALA UM Palopo) peringati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) di cafe Sindibat pada 11/12/2020.

Dalam rangka Road To Milad 24 Tahun MAPALA UM Palopo peringati Hari HAM Sedunia dengan mengadakan Dialog yang mengangkat tema ” Peran Pemuda Dalam Merawat Perjuangan HAM” yang dibawakan oleh dua narasumber yaitu, Dr. Hadi Pajarianto, S.Pd.I., M.Pd.I (Wakil Rektor II UM Palopo) dan Muhammad Sultan Syah, S.H (Demisioner Ketua Ikatan Pemuda Mahasiswa Luwu)

Dr.Hadi Pajariyanto S.Pd.i M.Pd.i beliau merupakan Salah Satu Tokoh Mahasiswa dan pernah Menjabat Sebagai Presiden BEM IAIN ( Stain ) Palopo Pada masanya, dan sekarang menjabat sebagai WR 2 Universitas muhammadiyah Palopo,

Dr. Hadi Pajarianto, S.Pd.I., M.Pd.I dalam materinya menekankan 2 hal yang harus dilakukan oleh pemuda selaku penerus bangsa, yaitu Literasi dan Advokasi.

“Sebagai generasi bangsa yang akan mengambil peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pemuda harus memiliki dua hal yaitu Literasi sebagai sumber ilmu pengetahuan dan Advokasi sebagai tindak lanjut dari pengetahuan yang telah didapatkan”. Tegasnya.

Sedangkan Muhammad Sultan Syah, S.H mengatakan bahwa dalam hal HAM kita hanya selalu terpaku kepada hak namun melupakan kewajiban yang juga melekat pada hak itu sendiri.

“Lanjutnya begitu banyak Pelanggaran HAM yang terjadi di Bangsa ini yang tidak sejalan dengan Konstitusi, dan Pemuda harus mengambil peran dalam permasalahan ini “. Tutupnya.

Haswan Selaku Ketua Umum MAPALA UM Palopo Berharap dengan diadakannya kegiatan ini Masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kota Palopo tidak lagi memandang bahwa MAPALA itu berbicara tentang gunung dan hutan saja, Tetapi MAPALA Merupakan Organisasi Yang menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan. Ucap Haswan.

Sumber : https://umpalopo.ac.id/index.php/2020/12/12/road-to-milad-24-tahun-mapala-um-palopo-peringati-hari-ham/