APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Dari CS sampai ke Penghargaan Usulan Riset Terbaik

avatar penulis

Fikha Ardiani

22 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

UMSIDA.AC.ID– Customer Service (CS) pada bank kerap kali memberikan penawaran fitur-fitur produk tabungan seperti kartu debit, kartu kredit, mobile banking, net banking, simpanan haji, pinjaman, KPR dan masih banyak macamnya. Hal yang biasa dilakukan oleh CS bank-bank konvesional di Indonesia saat melayani calon nasabah ternyata juga dilakukan oleh bank syariah. Lalu apa yang membedakan bank syariah dari bank konvensional? Sedangkan data menunjukan pertumbuhan tabungan bank syariah sedang mengalami penurunan.

Pemikiran tentang pelayanan di bank syariah yang menyerupai bank konvensional ini menginspirasi  dosen Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Fitri Nur Latifah dan Ruslianor Maika membuat proposal riset bertajuk “Eksplorasi model penjualan produk Tabungan Bank Syariah.”

Perbedaan paling mendasar, “bank syariah memiliki tabungan mudharabah, yaitu memberikan bagi hasil kepada pemilik tabungan sesuai dengan nisbah yang telah disepakati dan dituangkan dalam akad pembukaan rekening, ungkap Fitria saat memulai sesi wawancara dengan humas Umsida (20/12/2017). “Inilah yang seharusnya ditekankan kepada calon nasabah pasa saat pertama kali membuka rekening,” kata Rusli menekankan keunggulan bank syariah.

Usulan penelitian Fitria dan Rusli ingin mengubah mindset dengan menjual value of products dari sisi keuntungan finansial. “CS, dalam melakukan penjualan produk bank syariah, jangan hanya menawarkan fitur-fitur produk tabungan, namun juga manfaat financialnya,” sambung Rusli. Berikut adalah contoh naskah yang bisa digunakan CS bank Syariah untuk melayani calon nasabah sebelum membukan rekening di bank syariah.

Usulan itu akhirnya berhasil mengantarkan mereka mendapatkan penghargaan The Best Research Proposal tingkat nasional. Penghargaan tersebut diberikan pada ajang HSBC Indonesian Research Award (HIRA) 2017 di Hotel Aryaduta Gambir Jakarta (6-9/12/2017) bersama ketiga mahasiswanya Robertta Indira Mawarrini, Nur Laili Afidah dan Aisana Arum Pawestri yang mendapatkan penghargaan sebagai The Best Scientific Publication

 

https://umsida.ac.id/dari-cs-sampai-ke-penghargaan-usulan-riset-terbaik/