APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Tesis UMSU Wakil Sumut di Festamasio

avatar penulis

Fikha Ardiani

24 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

TEATER Sisi (Tesis) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara terpilih sebagai wakil Sumut untuk mengikuti Festival Teater Mahasiswa Nasional (Festamasio) ke 8 di Universitas Negeri Makassar.

Keberangkatan Teater Sisi ke Festa­masio yang akan berlangsung mulai 1-9 April dilepas langsung Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP, didampingi Wakil Rekto 3, Rudianto, SSos, MSi, baru-baru ini.

Kegiatan diikuti 16 peserta dari seluruh Indonesia ini, Tesis akan menampilkan pementasan teater "InterOpsi". "Sebagai yang dipercayakan untuk membawa nama universitas, sekaligus nama daerah, Teater Sisi diharapkan bisa menampilkan karya terbaiknya," kata Rektor UMSU, Dr Agussani.

Menurut dia, Festamasio yang digelar di Makassar bisa jadi ajang untuk memperkenalkan khasanah dan kekayaan budaya daerah, selain mengejar prestasi. Anggota Teater Sisi yang ikut dalam kegiatan tersebut, juga bisa belajar dan bertukar pengalaman sekaligus memba­ngun silaturahim.

Rektor tidak memberikan target kepada Tesis dalam Festamasio ke 8 Makassar, dia hanya mengingatkan agar pengurus dan anggota Tesis yang berangkat ke festival teater mahasiswa nasional tersebut bisa menjaga prilaku karena membawa nama baik universitas, sekaligus Sumatera Utara.

Tesis UMSU beberapa kali menerima penghargaan dalam festival teater yang digelar di tingkat lokal dan nasional. Salah satunya penghargaan di ajang STIGMA, Palembang Tahun 2015, dengan judul naskah "Mayat Terhormat".

Menurut Pembina UKM Teater Sisi UMSU, Agung Saputra, SSos, MSi, keberangkatan ke festival nasional di Makassar tahun ini berdasarkan seleksi atas karya yang dikirimkan dalam format video. Panitia festival akhirnya memilih Tesis UMSU sebagai wakil Sumut untuk menampilkan karyanya di festival teater mahasiswa nasional yang diikuti sejumlah universitas ternama di Indonesia.

Festival ini, para peserta nantinya akan memperebutkan beberapa kategori; aktor dan aktris terbaik, sutradara terbaik, penata cahaya terbaik, penata rias terbaik dan 3 penyaji terbaik. "Di festival teater nasional ini, para peserta bukan hanya sekadar menguji kemampuan, tapi bisa juga saling belajar dan menimba pengalaman kepada sesama pelaku seni kampus se Indonesia," katanya. (muhammad arifin)

 

http://harian.analisadaily.com/kampus/news/tesis-umsu-wakil-sumut-di-festamasio/338309/2017/04/06