APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Edutorium UMS Jadi Venue Terbaik Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional

avatar penulis

Kartika Putri

16 May 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pemilihan Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai venue utama Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional mendapatkan apresiasi dari Ketua Dewan Juri KRI UMS, Prof. Dr. Eng. Drs. Benyamin Kusumaputro, M.Eng., baik dari segi sumber daya manusia, maupun fasilitas yang luar biasa. 

Benyamin Kusumaputro mengungkapkan beberapa hal yang baru pada KRI 2024 ini, seperti Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) itu betul-betul baru. Hal tersebut diungkapkan seusai meninjau lokasi perlombaan, Rabu (1/5/2024).

“UMS betul-betul sangat baik dalam mempersiapkannya (venue KRI 2024), terutama karena gedung Edutorium kalau untuk kita sangat mewah. Edutorium mampu menampung semua divisi perlombaan yang dipertandingkan. Fasilitas yang lengkap seperti musala, parkir, dan ruangan lain sangat baik,” ungkap Benyamin.

Khusus divisi Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI), Benyamin mengatakan akan menggunakan kolam renang di Pesantren Assalaam. UMS melirik kolam renang tersebut karena merupakan bangunan baru berstandar internasional.

KRI 2024 saat ini tengah memasuki tahap seleksi. Benyamin mengatakan seleksi dilakukan secara daring. “Kalau untuk seleksi saat ini perlombaan wilayah dilaksanakan secara daring untuk peserta, namun panitia dan juri berada di Edutorium UMS,” ujarnya.

Kri 2024 saat ini memasuki seleksi  tahap dua tingkat wilayah. Benyamin menuturkan tidak menemui kendala berarti saat seleksi peserta tingkat wilayah. Menurutnya, kualitas komputasi di UMS dan kualitas sumber daya manusia di UMS sudah mumpuni dan bagus. 

Benyamin mengajak masyarakat dan sivitas akademika untuk meramaikan acara KRI 2024 Juli mendatang.

“Mari kita datang ke UMS, untuk bisa melihat secara langsung kompetisinya. Kita akan share ilmu maupun pengalaman karena itulah hal yang paling penting dalam ajang Kontes Robot Indonesia,” tegas Guru Besar Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia itu.

Dalam kesempatan yang sama, ketua panitia KRI 2024, Rois Fatoni, S.T., M.Sc., Ph.D., menyampaikan para juri sangat puas dan mengapresiasi UMS sebagai tuan rumah KRI 2024.

“Alhamdulillah, para juri mengapresiasi pelaksanaan Kontes Robot di UMS. Mereka menyampaikan Edutorium UMS menjadi venue terbaik selama 23 tahun penyelenggaraan lomba,” ujar Ketua Panitia KRI 2024 itu.

Tak lupa, Rois Fatoni mengucapkan terima kasih atas kerja sama dengan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, panitia lokal, serta supporting staff yang telah menunjukkan etos kerja yang sangat tinggi, baik dari dosen maupun mahasiswa, sehingga menghasilkan acara yang berjalan dengan lancar. 

 

Penulis: Fika

Editor: Gede

Sumber: News UMS