APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Tim Dosen UMS Gandeng UMSIDA Dampingi UKM Kerupuk Samiler Pasuruan

avatar penulis

Kartika Putri

22 May 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Tim dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) menggelar pengabdian dan penelitian pada usaha kecil dan menengah (UKM) Kerupuk Samiler di Desa Wonosuryo, Kecamatan Gempol, Pasuruan, Jawa Timur. 

kerja sama di beberapa bidang pengabdian di  melakukan kerja sama di beberapa bidang termasuk pengabdian dan penelitian.

Anggota tim pengabdian, Hardika Dwi Hermawan S.Pd., MSc.ITE., mengungkapkan kerja sama tersebut bertujuan untuk memberikan pendampingan UKM Kerupuk Samiler agar dapat berkembang lebih baik lagi.

“Kami melakukan identifikasi dan juga survei lapangan observasi sudah sudah dilakukan beberapa bulan yang lalu. Selanjutnya pada kunjungan kedua ke UKM Kerupuk Samiler kami mulai memberikan teknologi tepat guna yang sudah kami kembangkan,” paparnya saat ditemui, Senin (13/5/2024).

 

Selain memberikan bantuan alat sesuai kebutuhan UKM, lanjut Hardika, tim dosen juga akan memberikan standardisasi penjaminan mutu termasuk pengajuan sertifikasi halal. Bantuan tersebut dilakukan mengingat kondisi UKM belum ada standar tertentu pada produk Kerupuk Samiler. Kemudian tim pengabdian juga melakukan evaluasinya seperti apa, termasuk dalam pengelolaan keuangan usahanya itu.

“Ketua tim kami Pak Sartono mengembangkan invention-nya, yaitu bantuan alat produksi kerupuk. Harapannya dengan bantuan ini dapat meningkatkan produktivitas dan manajemen usaha UKM tersebut,” ujar dosen Pendidikan Teknik Informatika UMS itu.

Selain sharing pengetahuan antara dua institusi perguruan tinggi dibawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah, Hardika memandang kolaborasi ini akan memperkuat kerja sama dan meningkatkan kualitas pengabdian.

“Kegiatan ini tidak hanya dari UMS ke UMSIDA, tapi juga sebaliknya UMSIDA ke kami juga akan ada peningkatan. Saya rasa kualitas di sektor pengabdiannya seperti itu,” terus dia.

Pengabdian ini diketuai oleh Ir. Sartono Putro, M.T., dengan anggota Prof. Dr. Muhtadi, M.Si., Prof. Ir. Sarjito, M.T., Ph.D., Aflit Nuryulia Praswati, S.E., M.M., dan Hardika Dwi Hermawan, S.Pd., MSc.ITE. 

 

Penulis: Fika

Editor: Gede

Sumber: News UMS