APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Hadapi Dunia Kerja, UPT Perkasa UNMUL Berikan Pelatihan Soft Skill Kepada Mahasiswa

avatar penulis

Daffa AM

29 July 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Unit Pelayanan Teknis Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Mulawarman (UPT Perkasa UNMUL) menyelenggarakan pelatihan Soft Skill dengan tema “Career Preparation Batch II: Upgrade Your Skills to Become Professional in Your Career”. Kegiatan tersebut, diselenggarakan di Ruang Lecture Theatre, Gedung Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si., UNMUL HUB, Kamis (18/7/2024). 

Pelatihan soft skill ini menghadirkan empat orang pemateri yang ahli dibidangnya masing-masing, diantaranya yaitu Vina Zahrotun Kamila, S.Kom., M.Kom., yang membawakan materi SOP (Standard Operating Procedure) Tracer Study, Oktaviani Olivia Sembiring (Branch Manager Bank Mandiri KCP Samarinda) dengan materi keuangan digital, Safran Achmad (Founder @motretmidio & Inisiator @smrcreator) dengan materi Entrepreneurship, dan Nikolas Saputra (HC Kawan Lama) dengan materi Teknik Interview dan CV.  

Divisi Pengembangan Karir UPT. Perkasa, Sukriadi, S.Pd., M.Pd., dalam laporannya mengungkapkan bahwa seminar Soft Skill yang diselenggarakan oleh UPT. Perkasa diikuti oleh 109 peserta dan dihadiri oleh empat orang pemateri terkait dengan bidang-masing-masing. 

“Pelatihan Soft Skill ini perlu diselenggarakan untuk mempersiapkan diri kepada para lulusan dalam menghadapi dunia kerja,” ungkap Sukriadi.  

Pembukaan acara pelatihan Soft Skill yang dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. H. Moh. Bahzar, M.Si., yang juga memberikan sambutan dan membuka pelatihan Soft Skill menuturkan bahwa UPT. Perkasa adalah salah satu lembaga yang paling rajin dalam penyelenggaraan kegiatan, terutama dalam bidang persiapan karir bagi mahasiswa sebelum lulus. 

Prof. Bahzar menilai kegiatan seperti ini perlu dilakukan karena tuntutan dunia kerja yang semakin keras sedangkan kemampuan lulusan kita masih terbatasa. “Sarjana harus dapat melihat peluang terutama sesuai dengan skill yang ada, oleh karena itu perlu untuk mempersiapkan mental yang kuat untuk menghadapi dunia kerja yang keras,” tutur Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNMUL itu.

Prof. Bahzar juga menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara dan kepada para peserta yang turut hadir dalam pelatihan ini. 

Soft Skill harus dipersiapkan untuk menghadapi masa depan dan tidak hanya mengandalkan gelar sarjana yang didapatkan dari perkuliahan,” terang Prof. Bahzar.

Menutup sambutannya, Prof. Bahzar mengingatkan peserta untuk terus belajar dari hal-hal kecil terlebih dahulu baru bobotnya terus ditambahkan dari masa kemasa. ”Selain berusaha juga mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dan meminta restu kepada kedua orangtua agar urusan dalam mencari kerja dapat berjalan dengan baik,” pinta Prof. Bahzar. 

Penulis : Zulkifli

Editor   : Sulkarnain

Foto      : Mursyid Mugni 

Tanggal : 18 Juli 2024