APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

UNMUL Terima Kunjungan dari Para Dubes Bahas Peluang Kerja Sama Tentang Biodiversity hingga Kembangkan Kualitas SDM

avatar penulis

Daffa AM

29 July 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Mulawarman (UNMUL) menerima kunjungan dari beberapa Duta Besar (Dubes) yang ada di Indonesia, diantaranya yaitu Tanya Dimitrova (Bulgaria), Emandi Elena Maria (Perwakilan Duta Besar Romania), Armin Limo (Bosnia) dan Nico Barito (Seychelles). Adapun agenda kunjungan ini adalah untuk melakukan penjajakan dan diskusi untuk peluang kerja sama, antara pihak kedutaan dengan UNMUL.

Kehadiran para Duta Besar di UNMUL adalah dalam rangkaian acara East Borneo International Folklore Festival yang dilaksanakan di Kota Samarinda.

Pertemuan ini dilaksanakan di Gedung Rektorat UNMUL lantai tiga, di Ruang Tunggu Tamu Rektor pada Jum’at (26/7/2024).

Dalam pertemuan ini, Para Dubes disambut langsung dan diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, ⁠Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si., didampingi dan Kepala UPT. Layanan Internasional (UPT. LI) UNMUL, Sulistyo Prabowo, S.T.P., M.P., MPH., Ph.D., bersama dengan para staf UPT LI.

Dalam kesempatan ini Prof. Lambang memberikan sambutan kepada para Duta Besar yang hadir di UNMUL, sekaligus memperkenalkan profil serta campaign UNMUL yaitu Centre of Excellence for Tropical Studies.

“Kami berharap melalui pertemuan ini kita dapat menginisiasi kerja sama antara UNMUL dengan Bulgaria, Romania, Seychelles dan Bosnia, seperti penelitian bersama maupun program pertukaran pelajar,” harap Prof. Lambang Subagiyo selaku Wakil Rektor Bidang Akademik.

Duta Besar Nico Barito turut menyampaikan ketertarikan mengenai statement dari Wakil Rektor Bidang Akademik mengenai UNMUL yang berfokus pada bidang lingkungan terutama Biodiversity. Hal ini terjadi karena Seychelles juga memiliki prinsip yang sama yaitu adanya perhatian terhadap lingkungan di Seychelles yang beragam.

“UNMUL telah terlibat dalam kolaborasi penelitian yang diadakan oleh Seychelles, dan saya ingin memperkuat kerja sama ini, karena sebelumnya itu adalah program pemerintah akan tetapi saat ini Seychelles memiliki Blue Institute sehingga kami harus menjalin kerja sama yang lebih dalam dengan UNMUL karena kita tahu bahwa alam Kalimantan lebih baik dari kami (Seychelles) sehingga kami perlu belajar dari Anda, terutama dalam bidang Blue Economy,” jelas Nico Barito.

“Melalui program ini saya ingin melihat bagaimana kita bekerja sama dan melibatkan UNMUL dalam membangun Seychelles menjadi pusat ekonomi biru,” urainya.

Hal yang cukup berbeda dari Duta Besar Seychelles yang ingin menjalin kerjasama dalam bidang lingkungan, Perwakilan Duta Besar Romania, Emandi Elena Maria, berkeinginan untuk lebih berfokus pada pembangunan kualitas sumber daya manusia. Dengan melakukan pertukaran pelajar dan peneliti baik itu dari Indonesia ke Romania maupun sebaliknya.

Penulis : Zulkifli

Editor   : Sulkarnain

Foto      : Mursyid Mugni

Tanggal : 26 Juli 2024