APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

UNMUL Terima Kunjungan Direktur TIE UPS Internasional India, Bahas Potensi Kerja Sama dengan Universitas di India

avatar penulis

Daffa AM

29 July 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Mulawarman (UNMUL) menyambut kunjungan Ravi Makhija, MBA, selaku Direktur TIE UPS International India. Dalam rangka untuk berdiskusi mengenai potensi kerja sama antara UNMUL dengan universitas-universitas yang ada di India.

Pertemuan ini dilaksanakan pada Jumat, (24/7/2024) di Gedung Rektorat lantai 3 di Ruang Tunggu Tamu Rektor UNMUL.

Kehadiran Ravi Makhija, MBA., disambut dan diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, ⁠Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si., bersama didampingi Kepala UPT. Layanan Internasional (LI) UNMUL, Sulistyo Prabowo, S.T.P., M.P., M.PH., Ph.D. 

Dalam diskusi ini Ravi Makhija memberikan gambaran umum mengenai sistem pendidikan dan budaya yang ada di India. “India memiliki sistem pendidikan yang berbeda dengan Indonesia, dimana SKS (Sistem Kredit Semester) tidak digunakan disana, selain itu bidang Teknik India sangat populer karena mahasiswanya dijamin bekerja sebelum lulus dari universitas ternama,” ungkap Ravi. 

“Universitas di India terus berusaha untuk menjalin relasi dengan baik dengan perusahaan, sehingga diakhir masa studi mahasiswa dapat magang dan mendaftar untuk bekerja disana. Melalui hal tersebut, kita harus belajar dari sana dan menerapkannya di UNMUL demi memfasilitasi mahasiswa dalam mencari pekerjaan dengan mudah,” jelasnya.

Melalui kesempatan ini, Ravi Makhija juga mengundang secara langsung UNMUL untuk pergi ke India dan melakukan kunjungan ke beberapa kampus untuk melakukan studi banding.

“Kami telah memiliki surat rekomendasi dari beberapa provinsi yang ada di Indonesia, sehingga ini dapat memudahkan kami untuk menjalin kerja sama,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si.,  mengungkapkan rasa tertariknya untuk menjalin kerja sama. “UNMUL akan memberikan fasilitas kerja sama dengan universitas dari India yang ingin menjalin kerja sama,” tutur Prof. Lambang.

Potensi kerja sama antara UNMUL dan Universitas dari India dapat dilakukan dalam berbagai bidang baik itu dalam bidang Kehutanan, yang merupakan fokus utama UNMUL ada juga Fakultas Teknik untuk belajar teknologi dari India, dan juga dari bidang sosial dan budaya UNMUL yang memiliki Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

“Kami membutuhkan sebuah MoU (Memorandum of Understanding) untuk menjalin komunikasi dan kolaborasi lebih dalam lagi,” pinta Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNMUL itu.

Hal ini sejalan dengan argumen Kepala UPT. LI, Sulistyo Prabowo, S.T.P., M.P., M.PH., Ph.D., mengatakan UNMUL sangat tertarik untuk menjalin kerja sama untuk meningkatkan International Engagement, karena UNMUL sedang mempersiapkan diri menuju world class university standard. 

Penulis : Zulkifli

Editor   : Sulkarnain

Foto      : Mursyid Mugni

Tanggal : 26 Juli 2024