redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Berkunjung ke Gorontalo Utara, Rektor Perkuat Kerjasama dengan Pemerintah Daerah

avatar penulis

Azrul Prayoga

15 April 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Rombongan Pimpinan Universitas Negeri Gorontalo melakukan lawatan ke Wilayah Utara Provinsi Gorontalo yakni Kabupaten Gorontalo Utara. Rombongan yang dipimpin oleh Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S.T, M.T, membawa misi memperkuat kerjasama dengan Pemerintah Gorontalo Utara.

Upaya penguatan kerjasama antara keduanya dituangkan dalam pendatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Rektor UNG dengan Bupati Kab. Gorontalo Utara Indra Yasin, S.H, M.H, Selasa (28/1), di Aula Kantor Bupati.

Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S.T, M.T, mengungkapkan kedatangannya ke Gorontalo Utara dalam rangkaian silaturahmi sekaligus pengembangan kerjasama antara UNG dengan Pemerintah Daerah.

“UNG datang dengan komitmen untuk meningkatkan kapasitas Sumberdaya Manusia (SDM) dan segala potensi yang dimiliki oleh Kab. Gorontalo Utara,” ungkap Rektor.

Menurut Rektor upaya peningkatan kualitas SDM di Kab. Gorontalo Utara sangat penting untuk diperkuat dalam 3 tahun kedepan, karena posisi geografis Gorontalo Utara saat ini akan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara yang akan mulai beroperasi ditahun 2024 mendatang.

Menjadi daerah penyangga Ibu Kota baru menjadi berkah bagi Kab. Gorontalo Utara, tetapi akan menjadi musibah jika peran tersebut tidak disiapkan dari sekarang khususnya dari segi kualitas SDM.

“Jangan sampai ibu kota baru beroperasi sementara daerah penyangganya hanya jadi penonton, serta menyaksikan Sumberdaya Alam kita disupport ke Ibu Kota tanpa ada pertisipasi lebih dari SDM yang kita miliki. SDM ini tentunya harus segera disiapkan dan UNG siap membantu Pemerintah Daerah,” terang Rektor.

Sementara itu Bupati Kab. Gorontalo Utara Indra Yasin, S.H, M.H, berharap kerjasama yang telah terjalin dengan UNG akan terus dilakukan dalam beberapa tahun kedepan. Diakui Bupati, Kab. Gorontalo Utara sangat terbantu dalam kerjasama dengan UNG, khususnya dalam bidang pertanian dan peternakan yang dilakukan dalam kerjasama Utara-Utara yang diprakarsai UNG.

“Pada bidang penelitian dan pengabdian juga sudah berjalan antara Pemerintah Daerah dan UNG, yang perlu jadi fokus selanjutnya yakni sektor pendidikan khususnya dalam penguatan kualitas SDM masyarakat untuk mendukung kemajuan daerah,” pungkas Bupati.

(ung.ac.id)