APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Membanggakan, Tiga Program Studi UM Peroleh Dana Hibah PKKM 2024

avatar penulis

Kartika Putri

7 March 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Civitas Akademika Universitas Negeri Malang (UM) tiada henti dalam mengukir prestasi. Terdapat tiga program studi (prodi) UM, yaitu Pendidikan Teknik Bangunan (PTB), Pendidikan Matematika dan Desain Komunikasi Visual (DKV) berhasil memperoleh dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2024. Ketiga prodi tersebut menerima dana hibah PKKM 2024 tingkat pusat pada hari Sabtu (24/02). Tentu hal ini bukanlah perkara yang mudah bagi masing-masing prodi, mulai dari tahap persiapan untuk bersaing dengan kampus dari seluruh Indonesia hingga tembus memperoleh hibah dana PKKM 2024.

Dana hibah PKKM adalah bantuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) baik untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bertujuan untuk mendorong, memfasilitasi, dan mempercepat perguruan tinggi dalam menerapkan kebijakan Kampus Merdeka serta mencapai delapan Indikator Kinerja Utama (IKU).

Wakil Dekan I FMIPA UM, Prof. Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si. merasa bangga dengan perolehan dana hibah PKKM. “Sebagai warga FMIPA UM (Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam UM) tentu merasa bangga, sebab mendapatkan pendanaan PKKM 2024 ini harus bersaing dengan banyak prodi di seluruh Indonesia,” tutur Prof. Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si.

“Mendapatkan dana ini adalah prestasi yg diakui secara nasional. Persiapan ditekankan pada koordinasi terkait program kerja yang akan diajukan di proposal PKKM 2024. Karena target PKKM di liga 1 (UM termasuk liga 1) adalah internasionalisasi prodi itulah program yang kami utamakan. Koordinasi dilakukan di tingkat departemen, fakultas juga melakukan koordinasi. Bantuan dari universitas juga sangat membantu persiapan proposal PKKM ini dengan waktu yang tidak banyak untuk menyiapkan proposal PKKM,” jelas Wakil Dekan I FMIPA UM.

Beliau pun juga menjelaskan bahwa ini kali ketiga fakultas FMIPA UM memperoleh pendanaan PKKM, dengan rincian prodi pendidikan Biologi (th 2021), prodi Kimia (2023), dan prodi pendidikan Matematika (th 2024). 

Kepala Program Studi (Kaprodi) PTB UM, Dr. Ir. Dwi Siswahyudi, M.T. juga menyampaikan rasa senang atas capaian dalam memperoleh dana hibah PKKM 2024 ini. “Dibalik perasaan sangat senang mendapat alokasi pendanaan dari Ditjen Dikti yang akan dipergunakan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen menuju internasionalisasi, perlu kehati-hatian ekstra karena baru pertama prodi PTB mendapatkan anggaran ini, maka pelaksanaanya harus hati-hati transparan dan terbuka,” pungkas Dr. Dwi. 

Kaprodi PTB UM ini juga menyampaikan langkah selanjutnya untuk mengoptimalkan dana hibah yang diperoleh prodi TPB. “Pelaksanaan program PKKM ini akan di koordinir oleh Tim Universitas (LP3), yang dalam waktu dekat akan dikumpulkan  ketiga prodi tersebut untuk membahas rencana tindak terkait mekanisme pelaporan, penggunaan anggaran sesuai dengan ketentuan, dan lain sebagainya. Lalu untuk di tingkat prodi PTB sendiri akan menyiapkan tim untuk mengelola Program PKKM ini dengan membuat Term Of Reference (TOR) pelaksanaan kegiatan.” jelas Dr. Dwi.

Capaian prestasi ini merupakan sebuah motivasi bagi seluruh civitas akademika UM untuk senantiasa berpartisipasi pada semua program yang telah ditawarkan kampus guna meningkatkan kompetensi lulusan kampus dan tidak menyia-nyiakan kesempatan.

Pewarta : Hania Nuha Tsabita – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM

Sumber : Unit Hubungan Masyarakat UM