redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang Terakreditasi A Pertama di Indonesia

avatar penulis

Fikha Ardiani

26 January 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Peluang lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman semakin terbuka lebar dengan semakin banyaknya sekolah yang mengajarkan Bahasa Jerman pada siswa.

“Itu juga yang membuat pendaftar semakin meningkat setiap tahun. Meskipun jika dibandingkan dengan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris jelas masih kalah,” kata sekretaris Jurusan Sastra Jerman, Deddy Kurniawan MA pada SURYAMALANG.COM, Minggu (21/1/2018).

Prodi Pendidikan Bahasa Jerman menerima sekitar 75 mahasiswa dan peminatnya lebih dari 5 kali lipat dari jumlah tersebut.

“Di kalangan prodi humaniora, jumlah itu masih di jajaran atas. Kalahnya jika dibandingkan dengan vokasional dan Bahasa Inggris,” lanjutnya.

Yang istimewa, Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UM menjadi Prodi Pendidikan Bahasa Jerman pertama di Indonesia yang meraih akreditasi A sejak 2015.

“Prodi ini memang masih terbilang muda tapi sudah memiliki pengakuan luar biasa. Kami rutin pertukaran mahasiswa dan dosen ke Jerman dan satu-satunya Prodi Pendidikan Bahasa Jerman yang pernah dikunjungi Duta Besar Jerman, serta Direktur Goethe Institut Asia Pasifik,” tutur Deddy.

Selain menjadi guru, lulusan Pendidikan Bahasa Jerman juga memiliki peluang kerja di bidang lain.

“Lulusan kami termasuk beragam bidang kerjanya. Karena kebahasaan biasanya bagus peluangnya di banyak bidang. Terutama yang berkaitan dengan kepenulisan atau berbicara,” tutupnya.

(www.suryamalang.tribunnews.com)