APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Rayakan Hari Tari Sedunia, UM Gelar Acara Menari 24 Jam

avatar penulis

Kartika Putri

29 April 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Negeri Malang (UM) menggelar perayaan megah untuk memperingati Hari Tari Sedunia dengan nama “UM Menari 24 Jam” pada Senin (29/04/2024). Acara yang berlangsung di Gedung C9 dan area Gerbang Veteran UM ini menjadi sorotan, sebab penampilan memukau dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM).

Dalam kegiatan UM Menari 24 jam, para mahasiswa PSTM UM ini menampilkan pertunjukan tari yang beragam, pertunjukan ini dibagi menjadi empat sesi. Mulai dari pukul 07.00, 09.00, 13.00 dan 15.00. Mereka berhasil menunjukkan dedikasinya dalam mempertahankan dan mengembangkan warisan budaya melalui gerakan tari yang gemulai.

Dr. Tri Wahyuningtyas, Kepala Laboratorium Departemen Seni dan Desain, menyatakan, “Para mahasiswa PSTM UM tidak hanya menjadi peserta, tetapi juga kontributor utama dalam kesuksesan acara ini. Kegiatan ini tidak hanya memperingati Hari Tari Sedunia, tetapi juga menggabungkan perayaan Hari Musik yang bertepatan dengan bulan puasa, memberikan dimensi kultural yang lebih dalam.”

Dr. Tri Wahyuningtyas menambahkan bahwa acara ini merupakan kegiatan tahunan untuk merayakan Hari Tari Sedunia, memberikan mahasiswa kesempatan untuk menampilkan bakat dan kreativitas mereka dalam setiap gerakan. “Kami memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk menampilkan tarian apa pun yang mereka kuasai.”

Tak hanya tampil di atas panggung, mahasiswa juga berpartisipasi aktif dalam berbagai workshop tari dan musik yang diadakan selama acara. Mereka dapat belajar langsung dari praktisi berpengalaman seperti Drs. Soerjo Wido Minarto (Praktisi Tari) dan Solly Pigawahi (Praktisi Musik) untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang yang mereka minati.

Dosen dan pembina di PSTM, Dr. Robby Hidajat, M.Sn. menyampaikan, “Dalam acara ini kita mengangkat konsep menari bergembira, jadi penampilan tadi kita bebaskan untuk tari apa saja dan juga mereka menampilkan semua yang dipelajari di kelas.”

Wakil Dekan II Fakultas Sastra, Edy Hidayat, S.Pd, M.Hum, memberikan apresiasi terhadap kegiatan UM Menari 24 jam, beliau mengungkapkan, “Acara ini menunjukkan antusiasme serta kreativitas mahasiswa dan sivitas PSTM dalam mempertunjukkan seni tari yang memukau, memberikan inspirasi bagi semua anggota kampus untuk mendukung perkembangan seni dan budaya.”

Ketua Departemen Seni dan Desain, Dr. Wida Rahayuningtyas, S.Pd. M.Pd. menekankan bahwa pertunjukan di Gerbang Veteran merupakan ajang promosi bagi semua orang yang melintas, sehingga memperluas apresiasi terhadap seni di lingkungan kampus.

Partisipasi aktif mahasiswa PSTM UM dalam “UM Menari 24 Jam” bukan hanya menghibur, tetapi juga memberikan inspirasi bagi seluruh anggota kampus untuk lebih mengapresiasi dan mendukung perkembangan seni budaya. Acara ini berhasil menyatukan keberagaman budaya dalam sebuah perayaan yang meriah dan berkesan.

Pewarta: Tri Anggara Medhi Sampurno – Internship Humas UM 

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM

Sumber : Berita UM