APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

UNIMA dan LIPI Mengadakan Workshop Portal Dokumen Referensi Ilmiah

avatar penulis

Anisa estu murbawani

29 January 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Manado ( LPPM Unima) bekerjasama dengan Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII LIPI), menggelar Workshop Penyusunan Dokumen Referensi Ilmiah (Portal), di Peninsula Hotel Manado, sejak Kamis (23/11/2017) hingga Sabtu (25/11/2017). 

Menurut Rektor Unima Julyeta Runtuwene melalui Ketua LPPM Unima Revolson Mege, workshop tersebut digelar dengan sejumlah alasan, di antaranya adalah memberikan pengetahuan tentang kelayakan sebuah informasi untuk dijadikan referensi. 

“Perkembangan informasi yang begitu cepat dan luas memberikan pilihan beraneka ragam informasi bagi para peserta didik siswa, mahasiswa beserta para pendidik dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi untuk menunjang kegaiatan belajar dan mengajar,” ujarnya kepada KlikNews, Jumat (24/11/2017). 

“Pemenuhan informasi saat ini sangat mudah, tinggal ketik dan klik maka kebutuhan informasi pada mesin pencari di komputer (PC), laptop atau memakai smartphone sudah dapat dilakukan. Pertanyaannya apakah informasi yang diperoleh dari proses tersebut sudah layak untuk digunakan sebagai referensi?” sambungnya. 

Padahal diketahui, kata dia, tidak semua hasil pencarian tersebut memiliki kebenaran secara ilmiah. “Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kerjasama kemitraan antara PDII LIPI dengan Universitas Negeri Manado dan membuka akses jurnal Indonesia dan Asing untuk kepentingan pendidikan, penelitian dan pengembangan. Hasil luaran (output) kegiatan kerjasama ini adalah portal referensi ilmiah berupa tampilan website yang terinstall di server Universitas Negeri Manado,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, PDII LIPI adalah lembaga pengelola dokumentasi dan informasi ilmiah dan memiliki tanggung jawab memberikan akses terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat, baik di pusat maupun daerah,” jelasnya.

PDII LIPI melakukan kegiatannya dalam bentuk sosialisasi dan kegiatan pendidikan serta pelatihan yang berkaitan dengan dokumentasi dan informasi serta penerbitan majalah ilmiah online. ( sumber:kliknews.net )