redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Hanifah: Juara I Ju-jitsu antar Dojo Se-Indonesia

avatar penulis

Azrul Prayoga

2 April 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Hanifah Julman Nurjannah, atau yang akrab disapa Hanifah, mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) berhasil menyebet juara I Fighting Senior Putri Kelas D pada kejuaraan Ju-jitsu antar Dojo Se-Indonesia Tahun 2020. Kejuaran tersebut digelar oleh Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Ponorogo pada tanggal 14 s.d. 15 Maret 2020.

Awalnya, mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ini mengaku terpaksa ketika dia harus menuruti ajakan kakak sepupunya untuk bergabung dalam latihan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ju-jitsu. Bahkan ketika H-15 Pra PKKMB, Hanifah sempat merasa kapok mengikuti latihan olahraga tersebut, maklum, sejak SMA dia tidak pernah mengikuti kegiatan yang berbau fisik. "Saya yang dari SMA tidak pernah ikut kegiatan yang langsung fisik merasa kapok,” ujar Hanifah. Namun setelah ditekuni, Hanifah mulai tertarik dengan olahraga Ju-jitsu sejak dia resmi menjadi garda muda Unesa.

Menurut Hanifah, melalui olahraga Ju-jitsu dia mulai belajar mengenai kuda-kuda dasar, beberapa tendangan, serta pukulan yang secara tidak langsung mengajarkan cara menjaga diri. Hanifah mengaku jika dari olahraga Ju-jitsu pula dia mendapatkan banyak pengalaman yang belum didapatkan sebelumnya. "Olahraga beladiri ini tidak hanya diajarkan untuk pertandingan sport, tetapi juga diajarkan beladiri praktis dan itu sangat bermanfaat untuk melindungi diri kita bila terjadi hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

(unesa.ac.id)