APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Asesmen Lapangan Fakultas Kedokteran UNY

avatar penulis

Kartika Putri

7 March 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Fakultas Kedokteran UNY dikunjungi oleh asesor Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAMPTKES) dalam rangka asesmen lapangan. Kunjungan dilaksanakan pada Rabu, (6/3) di Rektorat. Para asesor yang berkunjung adalah Prof. Dr. dr. Dharma Lindarto, Sp. PD-KEMD. dan Dr. dr Eti Poncorini Pamungkasari M.Pd. dari LAMPTKES, dr. Mariatul Fadilah, MARS, Ph. D dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Dr. dr. Maftuchah Rochmanti, M. Kes dari Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Dr. Andi Wahyuningsih Attas, Sp.An., KIC., MARS dari Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI) serta Dr. Andi Insan Sosiawan Tunru, Ph.D dan Indah Ayu Lestari, S.Sos dari Perwakilan LAMPTKES.

Rombongan disambut oleh Rektor UNY Prof. Sumaryanto yang menyampaikan bahwa usulan prodi kedokteran berembrio dari departemen ilmu keolahragaan Fakultas Keolahragaan dan Kesehatan yang banyak dosennya dari paramedis atau dokter. “Mohon diberikan perspektif pencerahan dalam mewujudkan komitmen UNY yang salah satunya membuka prodi kedokteran” kata Rektor. Layanan yang dilakukan UNY ini merupakan manifestasi dhawuh Gubernur DIY untuk selalu melayani para tamu yang datang ke DIY dengan optimal.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dr. Agus Tri Widiyantara, M.M.R hal ini merupakan suatu sejarah bahwa akhirnya UNY membuka fakultas kedokteran. Mewakili Bupati Bantul, Agus Tri Widiyantara menegaskan bahwa pendirian fakultas kedokteran ini dapat menunjang pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di wilayah Indonesia Timur yang jumlah dokternya masih kurang. “Kementerian Kesehatan mencanangkan setiap Puskesmas harus punya 9 jenis tenaga kesehatan namun disana masih banyak Puskesmas yang bahkan tidak punya dokter. Padahal dokter wajib ada di tiap Puskesmas” ungkap Agus. Pendirian Fakultas Kedokteran ini merupakan upaya UNY untuk peningkatan kualitas Kesehatan di Indonesia. Pemerintah Kabupaten Bantul mendukung hal ini dan berharap dapat berkolaborasi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setempat. Di Bantul terdapat dua rumah sakit milik Pemkab yang terbuka sebagai rumah sakit pendidikan untuk mencetak calon-calon dokter Fakultas Kedokteran UNY, dimana dengan terobosan unggulan kedokteran olahraga yang masih jarang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran lain.

Perwakilan LAMPTKES Dr. Andi Insan Sosiawan Tunru, Ph. D menyampaikan visitasi lapangan pada hari ini untuk memverifikasi dokumen yang diperlukan sebagai syarat pendirian Fakultas Kedokteran UNY. “Rerata PTN sudah punya basic fakultas kesehatan dan olahraga untuk pendirian fakultas kedokteran ini” ujarnya. Andi Insan Sosiawan Tunru juga menyarankan agar dalam tiga tahun kedepan direkrut dosen berlatar belakang dokter biomedik karena merupakan kebutuhan. Sebab mayoritas dokter lebih mengambil spesialis yang dapat untuk praktik dokter, sedangkan biomedik untuk kependidikan.

Menurut Plt. Dekan Fakultas Kedokteran UNY dr. Kartika Ratna Pertiwi, M.Biomed.Sc., Ph.D, cikal bakal prodi Kedokteran UNY berawal dari pendirian Health Sport Center UNY, dan terlahir dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) UNY. “Setelah melakukan serangkaian kegiatan dari identifikasi kebutuhan, studi tiru, studi kelayakan, audiensi dan FGD dengan stakeholder, Fakultas Kedokteran UNY didirikan dan usulan pembukaan prodi Kedokteran mendapat rekomendasi dari Majelis Wali Amanat, Senat Akademik Universitas dan Kementerian Kesehatan” papar Kartika Ratna Pertiwi. Visi dan keunggulan prodi Kedokteran UNY diarahkan pada kedokteran olahraga untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, sehingga profil lulusan prodi Kedokteran UNY ditambahkan keunggulan sebagai Primary Care Sports Medicine Physician. Untuk itu Fakultas Kedokteran UNY diperkuat dengan 27 dosen tetap yang terdiri atas 10 dosen biomedis, 4 dosen IKM-Bioetik-Pendidikan Kedokteran dan 13 dosen profesi. FK UNY juga didukung oleh 8 tenaga kependidikan dan 8 laboran.

Fakultas Kedokteran UNY juga memiliki Rumah Sakit Pendidikan Utama di RSUD Panembahan Senopati Bantul, Rumah Sakit Pendidikan Satelit di RSUD Prambanan Sleman dan Rumah Sakit Pendidikan Afiliasi di RSJ Dr. Soerojo Magelang dan RS Bhayangkara POLDA DIY. Sedangkan untuk wahana Pendidikan, FK UNY menggandeng Puskemas di Kabupaten Bantul dan Sleman serta Wahana Pendidikan Penunjang Kedokteran Olahraga. Dalam kesempatan ini asesor juga mengunjungi sejumlah rumah sakit mitra tersebut.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

Sumber : Humas UNY