APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

UNDANA teken MoU dengan PemKab Timor Tengah Selatan, PemKab Sabu Raijua, Harper Hotel, PT. Madika Televisi Kupang, PT. Surya Timur Sakti Jatim (YAMAHA), Bank Syariah Indonesia dan Garuda Indonesia

avatar penulis

Daffa AM

2 August 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Dalam rangka mengimplementasikan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Nusa Cendana melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan, Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua, Harper Hotel PT. Madika Televisi Kupang, PT. Surya Timur Sakti Jatim (YAMAHA), Bank Syariah Indonesia dan Garuda Indonesia pada tanggal 29 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Timor Tengah Selatan, Seperius E. Sipa, menyampaikan bahwa kasus rabies yang saat ini melanda kabupaten Timor Tengah Selatan dapat diantisipasi dengan adanya kolaborasi hasil penelitian bersama oleh tenaga peneliti dari Universitas Nusa Cendana, mahasiswa UNDANA yang melakukan KKN di Kabupaten Timor Tengah Selatan juga dapat berperan serta dalam menangani kasus stunting dan rabies. Saat ini sebanyak 21 (dua puluh satu) mahasiswa Strata Dua (S2) dari Kabupaten TTS yang sedang melanjutkan studi di UNDANA pada Bidang Kesehatan. Diharapkan agar hasil dari kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan masyarakat di Kabupaten TTS, saya pribadi mohon maaf apabila mahasiswa KKN belum dapat kami layani dengan baik.

Sementara itu, Bupati Sabu Raijua, Nikodemus N. Rihi Heke, dalam sambutannya menyampaikan mahasiswa sebelum melaksanakan praktek harus mencari tahu informasi tentang kondisi masyarakat terlebih dahulu dan berharap antara Kabupetan Sabu Raijua dengan UNDANA tetap menjalin kerjasama yang baik.

Rektor UNDANA, Maxs U. E. Sanam, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa UNDANA sebagai Universitas Negeri tertua. Saat ini, Kemdikbudristek melaksanakan Program MBKM dimana dalam Program tersebut mahasiswa yang masih menempuh kuliah dapat ditempatkan diluar kampus sehingga pengetahuan tidak hanya diperoleh di dalam lingkungan kampus. Kita mengetahui bahwa Indeks Pengembangan Manusia (IPM) terdiri dari tingkat pendidikan, angka harapan hidup dan standar hidup. Di lingkungan kerja jika kita melakukan pekerjaan diluar Tupoksi baru bisa dikatakan luar biasa. Kondisi NTT yang dilanda kasus stunting menjadi tanggungjawab kita bersama. Saya mengharapkan agar mahasiswa KKN UNDANA dapat diberikan fasilitas yang memadai. Terkait kuota KIP kuliah ditetapkan oleh pihak Kemdikbudristek sehingga kami melakukan penyesuaian dengan kuota tersebut. Bagi para pimpinan daerah supaya bisa mengalokasikan beasiswa di daerah bagi mahasiswa. Marilah kita fokus pada implementasi dari MoU sesuai dengan ruang lingkup yang disepakati bersama, tutup beliau.

Kegiatan penandatangan MoU diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama antara UNDANA dengan mitra kerjasama.