APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Arsitektur UPH Raih ‘Future Pillar Award’ dalam Penghargaan Autodesk ASEAN Innovation Awards 2021.

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

28 October 2021

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Kolaborasi mahasiswa dan dosen Program Studi (Prodi) Arsitektur Universitas Pelita Harapan (UPH) meraih penghargaan di Autodesk ASEAN Innovation Awards 2021 kategori Future Pillar Award pada 7 September lalu. Tim UPH yang terdiri dari Bobby Wijaya, Caroline Abigail, Sherine (Arsitektur 2018), serta dosen pembina Jacky Thiodore, S. Ars., M. Arch., dan Gregorius Anugerah Gegana, S. Ars., M. Arch, menggagaskan lima gambar proyek yang dalam tahap konstruksi digital menggunakan software Autodesk. Penghargaan ini diberikan kepada Arsitektur UPH karena pengaplikasian software Autodesk dalam pembuatan karya dan hasil penilaian peran akademisi membina mahasiswa dalam konstruksi digital untuk membangun pilar masa depan.

“Tentunya kami merasa bangga atas pencapaian ini. Kami bersyukur karena pembelajaran arsitektur di UPH sudah berbasis teknologi terbaru sehingga kami para mahasiswa diajak terus mengikuti perkembangan arsitektur digital. Pak Jack dan Pak Greg merupakan dosen yang sangat kompeten dalam membantu kami memperkenalkan dan mengaplikasikan software Autodesk tersebut. UPH juga selalu menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran kami,” ungkap Bobby.

Foto proyek yang diikutsertakan merupakan hasil karya para mahasiswa selama satu semester di mata kuliah ‘Studio Desain Arsitektur 3’. Mata kuliah lainnya yang diterapkan adalah Studio Riset Arsitektur & Simulasi dan Analisis Bangunan. Melalui bekal ilmu yang didapatkan ini, foto proyek yang dihasilkan oleh Bobby dan tim memiliki keunikan tersendiri yang terlihat pada penekanan integrasi struktur; sistem mekanikal, elektrikal, dan pemipaan, serta desain pada bangunan, sehingga hasil dari analisis dan simulasi bangunan menghasilkan iterasi (pilihan) desain yang beragam.

“Kami bangga bila mengikuti kompetisi yang dapat membawa nama baik Arsitektur UPH di level internasional. Kami juga mendapatkan pengalaman berharga, memperluas relasi, dan kesempatan membuktikan kemampuan kami dengan para peserta yang datang dari banyak negara. Di Arsitektur UPH, para dosen terus mendorong mahasiswa untuk berkompetisi guna mengaplikasikan ilmu dan skill yang didapat di perkuliahan. Terbukti di tahun belakangan ini, kami lihat mahasiswa lebih proaktif mengikuti kompetisi,” tutur Gregorius.

Pencapaian prestasi ini menjadikan kualitas dari Arsitektur UPH mendapatkan apresiasi dan atensi publik di tingkat internasional, secara khusus di regional ASEAN. Tentu ini juga menjadi bukti bahwa kurikulum prodi Arsitekur UPH mampu menawarkan kompetensi tinggi untuk bisa bersaing secara global.

Untuk kamu siswa/i kelas 12 yang bercita-cita untuk menjadi profesional di bidang Arsitektur, UPH pilihan terpercaya dan tepat untuk kamu. Ayo segera daftarkan dirimu sekarang. Informasi lebih lanjut hubungi Student Consultant di 0811-1709-901.