APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Behind the Scene Cerita Sukses Sutradara Muda Gilbert March, Alumni DKV UPH.

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

28 October 2021

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Berkembangnya industri kreatif membawa banyak peluang karier terbuka, salah satunya di bidang musik. Gilbert March, Alumni Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Pelita Harapan (UPH) 2013 yang juga berprofesi sebagai seorang sutradara melihat peluang tersebut. Menurutnya, perkembangan ini menjadikan profesi sutradara yang identik dengan pembuatan film, kini memiliki peluang menjanjikan dalam penggarapan video musik. Gilbert membagikan cerita di balik kisah suksesnya dalam UPH Virtual Open House pada tanggal 27 Agustus 2021 dengan tema “Cinematography 101: Making A Great Film”.

Gilbert yang akrab disapa Gigi adalah sutradara muda yang kiprahnya sudah diakui musisi ternama Indonesia, seperti Raisa, Afgan, Titi DJ, Rayi, dan masih banyak lagi. Selain video musik, Gigi juga menggarap beragam video iklan produk-produk di Indonesia. Tentu kesuksesan yang diraihnya ini bukan proses instan, melainkan telah melalui proses dan usaha yang harus ditempuhnya dalam menghasilkan karya visual berkualitas, sehingga dipercaya mampu menarik penonton. Salah satunya yaitu proses pendidikan yang ditempuhnya di DKV UPH.

“Jika menarik mundur perjalanan saya, sebenarnya saya mengawalinya dengan ketertarikan dalam bidang fotografi. Ketertarikan ini menuntun saya memilih DKV UPH. Awalnya saya kurang percaya diri karena masih banyak keterampilan yang belum saya kuasai. Namun di DKV UPH saya diperlengkapi, mulai dari tiga semester pertama saya mendapat pendidikan dasar terutama skill menggambar yang kini menjadi modal dasar saya sebagai sutradara. Hingga akhirnya saya lulus dan percaya diri terjun di profesi ini,” jelas Gigi.

Setelah menguasai kemampuan dasar, Gigi pun memilih peminatan Sinematografi untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilannya membuat video dalam beragam genre.“Pengetahuan saya terhadap beragam genre ini akhirnya sangat berguna dalam pengembangan konsep video musik yang saya garap,” tambah Gigi.

Program Studi DKV UPH hadir untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman bahasa visual yang dapat mereka gunakan untuk memproduksi berbagai video atau film, animasi, dan desain grafis. Untuk kamu siswa/i kelas 12 yang ingin berkarier di bidang perfilman, animasi, ataupun desain grafis, DKV UPH adalah pilihan tepat untuk kamu. Info selengkapnya mengenai pendaftaran Tahun Akademik (TA) 2022/2023 dapat kamu cari lebih lanjut di website UPH Festival 2021 atau hubungi Student Consultant di 0811-1709-901.