redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Career Webinar “Understand the Job Market” Bagikan Kiat Sukses Menjadi SDM Unggul.

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

28 October 2021

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Career Center and Corporate Relations (CCCR) Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar rangkaian acara Career Festival 2021, dengan mengadakan webinar “Understand the Job Market”. Webinar yang diadakan pada Jumat 8 Oktober 2021 ini memiliki tujuan untuk membekali para lulusan UPH dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia profesional.

Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 200 alumni dan mahasiswa dari UPH Lippo Village, Medan, dan Surabaya ini menghadirkan Raja Eka, Sales Training Manager dari Glints, sebuah perusahaan yang bergerak dalam pengembangan karier. Dalam webinar ini, Raja membagikan tentang fenomena perubahan pasar kerja, kualifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang diharapkan oleh perusahaan, dan kiat sukses menjadi SDM yang dapat bersaing dalam pasar tenaga kerja.

“Kondisi job market saat ini membutuhkan banyak sekali orang-orang yang mahir dalam bidang Information Technology (IT) dan industri yang paling diminati sehubungan dengan hal itu adalah e-commercefinancial-technology (fin-tech)data science talents, dan artificial intelligence (AI) atau deep tech dan machine learning,” ujar Raja Eka.

Selain memahami kondisi lapangan pekerjaan yang ada, Raja juga menekankan bahwa penting bagi jobseeker untuk memahami kualifikasi pekerja yang dicari oleh perusahaan. Menurut Raja ada tiga kualifikasi utama yang harus dimiliki seorang pencari kerja. Pertama adalah skills dan experience, hal ini berbicara tentang kesesuaian antara kemampuan dan pengalaman dengan posisi kerja yang tersedia. Lalu yang kedua adalah culture fit. Seorang jobseeker harus tahu betul apakah budaya suatu perusahaan itu sejalan dengan nilai yang dianutnya. Terakhir adalah soft skills yang dimiliki oleh pencari kerja.

Soft skills ini adalah hal yang bisa kita mulai kembangkan dari sekarang. Hal-hal seperti analytical thinking, proactiveness, communication skills, dan responsibility akan sangat membantu kita untuk dapat menjadi SDM yang unggul di dunia kerja. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk tahu terlebih dahulu tujuan kita, kenali diri kita, dan kembangkan diri melalui training dan networking,” tambahnya.

CCCR UPH berharap melalui rangkaian kegiatan webinar Career Festival 2021, mahasiswa dan alumni dapat mempersiapkan diri mereka untuk terjun ke dunia profesional. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan rangkaian webinar mendatang, kunjungi careercenter.uph.edu.

UPH terus berkomitmen untuk mempersiapkan setiap lulusan menjadi sumber daya manusia unggul yang dapat memberikan kontribusi positif dan memiliki daya saing. Pendaftaran UPH Tahun Akademik (TA) untuk 2022/2023 sudah dibuka, informasi lebih lanjut hubungi Student Consultant 0811-1709-901 atau daftar di sini.