redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Cindy Lovanka, Mahasiswa Arsitektur UPH Raih Grand Award Planet Budapest 2021.

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

20 March 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Cindy Lovanka, mahasiswa Program Studi (Prodi) Arsitektur angkatan 2018 Universitas Pelita Harapan (UPH), berhasil meraih posisi pertama dalam kompetisi ‘Planet Budapest 2021: A Green Step Closer’. Planet Budapest 2021 merupakan sebuah kompetisi proyek yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Hungaria di Indonesia dengan target partisipan mahasiswa strata satu (S1) dan strata dua (S2) dari berbagai universitas di Indonesia. Dalam kompetisi ini, para peserta diminta untuk membuat paper dan mempresentasikan mengenai konsep spesifik dan framework menggunakan Hungarian Green Technology di Indonesia. Melalui karya tulisnya, Cindy berhasil memenangkan grand award setelah lolos pada babak presentasi di hadapan Lilla Karsay, Duta Besar Hungaria untuk Indonesia.

“Saya merasa senang bisa menjuarai kompetisi ini, karena melalui kompetisi ini saya mendapatkan banyak pengalaman seperti bertemu dengan Ibu Lilla Karsay dan Bapak Abdurachman Hudiono Dimas Wahab selaku Duta Besar Indonesia di Hungaria. Saya pikir ini adalah pengalaman yang sangat luar biasa untuk dapat bertemu dengan mereka dan bisa menambah wawasan mengenai sustainability dan krisis yang terjadi di dunia melalui exhibition dan summit. Selain itu tentunya saya juga memperoleh kesempatan untuk menambah wawasan saya di bidang arsitektur dengan mengeksplor Budapest,” tutur Cindy.

Ketertarikan Cindy dalam menulis sebuah makalah menjadi pemantik baginya untuk mengikuti kompetisi ini. Dalam proyeknya, Cindy mengangkat topik mengenai lahan gambut yang perlu direstorasi dan dipreservasi keberadaannya. Ia mengkolaborasikan empat teknologi perusahaan Hungaria dalam satu framework di mana lahan gambut bisa dikembalikan kesuburannya serta diperbaiki dari kerusakan yang terjadi.

“Menurut saya, menggabungkan empat teknologi dari Hungarian Companies dalam satu framework mampu membentuk sistem yang kuat dan sesuai dengan tema yang dihadirkan. Selain itu, saya juga menekankan pada tindakan keberlanjutan yang menjadi kolaborasi antar perusahaan untuk menjaga dan mencegah kerusakan pada lahan gambut serta intervensi dalam bidang edukasi agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” jelas Cindy.

Cindy pun menyatakan bahwa ia sangat bersyukur, pembelajaran yang diperoleh di UPH mampu menjadi bekal baginya untuk menggali lebih dalam mengenai topik yang ia angkat. Dengan dukungan penuh dari dosen-dosen yang senantiasa membimbing serta memberi motivasi, Cindy mampu menuntaskan proyeknya dan berhasil meraih hasil yang membanggakan. Kedepannya, Cindy berharap untuk dapat mewujudkan serta menerapkan apa yang sudah ia tuangkan dalam karya tulisnya di kehidupan nyata.

Buat kamu yang ingin menjadi praktisi profesional di bidang Arsitektur, UPH menjadi pilihan terbaik untuk menempuh pendidikan dan mewujudkan cita-citamu. Ayo, segera daftarkan dirimu di UPH! Informasi lebih lanjut hubungi Student Consultants 0811-1709-901.