APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Dosen Prodi Arsitektur UPH Raih Juara 1 Sayembara Pemprov DKI ‘Desain Bundaran HI’.

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

20 March 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Dosen Program Studi (Prodi) Arsitektur Universitas Pelita Harapan (UPH), Ar. Firman Setia Herwanto, IAI., berhasil meraih juara pertama dalam pagelaran Sayembara Desain Bundaran Hotel Indonesia (HI), diadakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang bekerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Sarana Jaya dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta. Penjurian sayembara dilakukan pada 25 Januari 2022 lalu bersama Gubernur DKI Jakarta, H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D., sebagai Juri Kehormatan. Sayembara ini bertujuan untuk menyaring ide-ide baru dalam upaya penataan fasilitas publik di kawasan Bundaran HI yang nantinya akan saling berintegrasi dengan kawasan Tanah Abang.

“Ketertarikan saya pada perancangan ruang publik yang mampu memberikan pengalaman baru bagi masyarakat lewat karya arsitektur, menjadi motivasi saya untuk mengikuti sayembara ini. Pastinya prestasi ini sungguh membanggakan karena mampu berkontribusi di proyek besar untuk lokasi strategis kota Jakarta. Terlebih ketika kerja keras saya dengan tim dari PT Arkonin terbayar ketika mengetahui publik merasakan manfaat dan mengapresiasinya,” jelas Firman.

Bagi Firman, di sinilah peran seorang arsitek yaitu mampu berdampak dan memberi pengalaman berbeda, unik, dan khas kepada publik melalui konsep arsitektur. Semangat ini yang dituangkan Firman melalui karyanya yang berfokus pada ‘eye-level movement’. Firman dan tim membangun galeri di sekitar cawan (bundaran dan kolam) dengan level galian rendah, sehingga para pejalan kaki masih bisa menikmati pemandangan langit kota. Ditambah dengan fasilitas jalur sepeda dan jembatan penyeberangan yang dibangun terintegrasi. Seluruh konsep desain dari Firman dan tim ini telah melalui serangkaian proses penilaian, mulai dari penjurian, persiapan rancangan teknis, materi animasi, dan sket tiga dimensi (3D), hingga terpilih sebagai juara. Menurut Firman, pengalaman ini begitu berkesan karena ia mendapat kesempatan untuk bisa mempelajari sejarah serta kondisi cagar budaya yang penting dalam proses penataan kota.

Melalui pengalamannya mengikuti sayembara, Firman juga memberikan pesan bagi mahasiswa/i di Arsitektur UPH. “Baik di perlombaan atau pun ketika kita mengerjakan proyek, tanamkan selalu semangat melakukan yang terbaik. Pengorbanan tenaga dan waktu pasti terbayar dengan apresiasi masyarakat sekitar ketika pekerjaan kita memberikan dampak. Jangan ragu ikut kompetisi, karena ini dapat menjadi tempat kalian meningkatkan keahlian,” pesan Firman.

Prestasi yang diraih Dosen Prodi Arsitektur UPH ini telah menjadi bukti bahwa UPH memiliki pengajar yang berkompeten dan berkualitas. Mari bergabung dengan UPH, jangan ragu untuk memulai perjalanan pendidikanmu dan raih berbagai prestasi bersama UPH! Daftar di sini atau Informasi lebih lanjut hubungi Student Consultants di 0811-1709-901.