APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

FH UPH Raih Peringkat Top 39 di Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition 2021.

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

7 October 2021

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Fakultas Hukum (FH) Universitas Pelita Harapan (UPH) meraih prestasi internasional di kompetisi peradilan semu. Mahasiswa angkatan 2017-2020: Arianne Kumara, Clement Alexander Djuli, Louisa Syaura Amalia Mononutu, Kayla Faza, Andrew Daniel Djapri, Christelle Clairine Siregar, dan Cloudio Ardelle Hitipeuw berhasil meraih peringkat Top 39 Overall Team Rankings & 38th in the Hardy C. Dillard Award Rankings (Best Combined Memorial) di kompetisi peradilan semu Philip C. Jessup International 2021. Tim UPH menjadi salah satu dari dua tim universitas nasional yang berhasil melaju ke 48 tim teratas dalam Advanced Rounds.

Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition 2021 adalah kompetisi debat internasional tertua dan terbesar di dunia, dengan peserta dari lebih dari 550 sekolah hukum di lebih dari 87 negara. Kompetisi ini berbentuk simulasi perselisihan fiktif antar negara di hadapan Mahkamah Internasional dan badan peradilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tahun ini, kompetisi Jessup mengangkat kasus yang berurusan dengan tanggung jawab internasional selama pandemi, suaka diplomatik, dan tindakan kekerasan yang melibatkan pesawat sipil.

Bagi tim Jessup UPH, mengikuti kompetisi ini menjadi cara untuk mengasah keterampilan diri di bidang hukum, serta mengaplikasikan ilmu yang sudah mereka dapat di FH UPH.

“Kami sanggat bangga bisa mewakili UPH dan juga Indonesia sebagai salah satu dari dua tim yang terus lanjut hingga tahap Advanced Round. Dari kompetisi ini, kami belajar membuat legal arguments, oral advocacy, dan kultur kerja profesional. Kami juga mendapatkan pengalaman untuk bekerja dan berpraktik layaknya di dunia kerja nyata yang profesional. Terlebih lagi, kami juga belajar bahwa kerja sama tim dalam memecahkan sebuah kasus adalah hal yang sangat bermanfaat dalam konteks kelas maupun dunia kerja nanti,” jelas Arianne.

Prestasi ini tentunya dapat diraih berkat kerja sama yang baik dan tim Jessup UPH juga mendapat bimbingan dari para senior FH UPH sebagai advisors mereka; Hanna Yovita Onggano (2015) dan Tiffany Revilia Jonan (2016).

“UPH mempunyai sejarah bertanding di kompetisi-kompetisi international moot court yang cukup banyak. Karenanya, senior-senior kami yang telah mencapai banyak penghargaan di tahun-tahun sebelumnya sangat membantu kami dengan saran-saran dan nasihat mereka. Senior-senior tersebut juga sangat terlibat dalam melatih tim kami selama kami bertanding, sehingga kami dapat membangun rasa percaya diri bahwa kami pun dapat meraih penghargaan-penghargaan yang sama atau mendekati dengan tim-tim sebelumnya,” tutur Arianne.

Mereka berharap prestasi ini dapat memotivasi teman-teman lainnya untuk terus berprestasi, menjadi individu yang berani keluar dari zona nyaman, serta memperluas wawasan dengan banyak membaca dan memperkaya pengalaman dengan ikut berbagai kompetisi.

Buat kamu yang ingin menjadi praktisi profesional di bidang hukum, FH UPH menjadi pilihan terbaik dalam mewujudkan cita-citamu. Ayo, kamu PASTI bisa kuliah Hukum di UPH! Informasi lebih lanjut hubungi 0811-1709-901.