redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

FK UPH Undang Menkes RI pada Forum Dekan Nasional, Bahas Kualitas Pendidikan Dokter di Indonesia.

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

20 March 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK UPH) menyelenggarakan Forum Dekan Nasional Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (Fordeknas AFKSI) 2022, yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, pada 21-23 Januari 2022. Kegiatan diskusi antar FK swasta se-Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di dunia kesehatan serta menjadi forum untuk membahas kualitas kurikulum pendidikan kedokteran di Indonesia.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan, Ir. Budi Sadikin menyampaikan bahwa penting bagi universitas akreditasi A untuk memiliki pendidikan kedokteran spesialis, agar semakin banyak dokter-dokter spesialis yang bisa menyebar ke seluruh Indonesia.

“Teman-teman di rumah sakit dan di universitas bisa bekerja sama. Ini merupakan tanggung jawab universitas-universitas akreditasi A dan rumah sakit swasta di Indonesia, untuk lebih bisa mendorong lagi supaya lebih banyak yang mau membangun pembukaan program studi spesialis. Hal ini dilakukan agar lebih banyak dokter-dokter spesialis, karena Indonesia masih memerlukan banyak dokter spesialis yang mau melayani ke berbagai daerah,” jelas Ir. Budi.

Hal serupa juga disampaikan oleh Dekan FK UPH, Prof. Dr. dr. Eka J. Wahjoepramono, Sp.BS., Ph.D, yang menyampaikan bahwa fasilitas pendidikan kedokteran di Indonesia harus dapat mencetak dokter yang berkualitas dan dapat bersaing dengan negara asing.

“Kegiatan forum ini sangat diperlukan karena kita perlu mendengarkan dan berdiskusi bagaimana cara meningkatkan pendidikan kedokteran yang berkualitas di Indonesia. Hal ini dilakukan supaya nanti di dalam mencetak kurikulum, kita akan memperhatikan apakah produksi kualitas dokternya sudah sesuai, apakah lulusan-lulusan dokter kita ini sudah mumpuni untuk Indonesia bahkan dunia? Hal inilah yang akan menjadi evaluasi bersama untuk menciptakan pendidikan kedokteran yang baik,” tuturnya.

Guna mencapai tujuan tersebut, FK UPH telah berupaya untuk meningkatkan standar kualitas pendidikan kedokteran di Indonesia dengan membuka Program Studi (Prodi) spesialis Radiologi. Hal ini merupakan terobosan pertama bagi universitas swasta membuka prodi spesialis agar semakin banyak kesempatan untuk para calon dokter spesialis juga peluang untuk menjawab kebutuhan dokter spesialis di berbagai daerah.

FK UPH senantiasa memberi mahasiwa kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan mereka dengan pengalaman langsung, melalui kurikulum pembelajaran inovatif yang berbasis pemecahan masalah. Ayo, bagi kamu para calon dokter, jadilah bagian dari UPH sekarang! Untuk informasi lebih lanjut hubungi Student Consultants di 0811-1709-901 atau daftar di sini.