redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Guna Mengembangkan Kualitas UMKM Indonesia, Business School UPH Menandatangani MoU dengan PT. INAmikro.

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

20 March 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) atau Business School Universitas Pelita Harapan (UPH) melakukan kerjasama dengan PT. INAmikro guna meningkatkan kualitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kerjasama ini diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Dekan FEB UPH, Dra. Gracia Shinta S. Ugut, MBA., Ph.D dan founder PT. INAmikro, Debbie Sianturi Tampubolon, yang dilakukan pada tanggal 15 November 2021 lalu. Melalui kerjasama ini, mahasiswa FEB UPH yang melakukan tugas pengabdian kepada masyarakat akan menemui para pelaku khusus UMKM yang akan diberikan pendampingan dan pelatihan mulai dari literasi keuangan maupun digital, dimana hal ini diharapkan dapat menuntun pertumbuhan UMKM untuk dapat masuk ke pasar digital.

“Literasi keuangan dan digital pelaku UMKM tergolong rendah sehingga perlu dilakukan kerja sama dengan perguruan tinggi untuk membantu memberikan pendampingan yang berkelanjutan agar UMKM dapat naik kelas. Implementasinya nanti para mahasiswa yang melakukan tugas pengabdian kepada masyarakat akan terjun langsung kepada kluster-kluster mikro misalnya kluster perajin tahu tempe, perajin batik, sehingga mereka dapat langsung mendampingi para pelaku UMKM untuk memahami bagaimana menggunakan teknologi digital dalam meningkatkan bisnis mereka dan memajukan sektor mikro,” tutur Debbie.

Selain membekali pelaku-pelaku UMKM, kerjasama ini diharapkan dapat melatih mahasiswa yang terjun langsung di lapangan untuk dapat mengimplementasikan pembelajaran yang mereka dapatkan selama perkuliahan.

“Dalam kerjasama ini, keterlibatan mahasiswa dan para dosen itu akan menjadi sangat real. Mereka bisa melihat bahwa tidak semua teori, konsep, atau framework dapat diaplikasikan di lapangan sehingga mereka pun akan belajar juga melalui pengalaman ini,” timpal Gracia.

Kedua pihak berharap, kerjasama ini dapat menjadi pembelajaran dua arah antara pelaku UMKM dan juga mahasiswa yang terjun di lapangan serta dapat menjadi kontribusi nyata dalam mengembangkan perekonomian Indonesia.

Melalui berbagai kemitraan yang dilakukan dengan perusahaan, organisasi, dan juga universitas besar lainnya, FEB UPH terus berupaya mengembangkan program-program pembelajaran yang transformatif dan relevan guna menghasilkan lulusan berkualitas yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi perusahaan, organisasi, dan masyarakat. Kamu juga bisa menjadi bagian dari UPH dengan mendaftarkan dirimu sekarang! Informasi lebih lanjut hubungi Student Consultants di 0811-1709-901.