redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Mahasiswa Fakultas Pariwisata UPH Raih Juara Terbanyak di Hospitour 2021.

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

28 October 2021

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Mahasiswa Fakultas Pariwisata yang terdiri dari Program Studi (Prodi) Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Universitas Pelita Harapan (UPH) angkatan 2018-2020 berhasil meraih juara terbanyak dalam tujuh kategori di Kompetisi Nasional Hospitour yang berlangsung pada 29 Juni-1 Juli 2021 secara online. Dari tujuh kategori tersebut, terdapat tiga kategori di mana UPH sebagai pemenangnya, antara lain kategori Cooking Competition, kategori Travel Vlog Competition, dan kategori Hospitality Business Idea. Prestasi ini secara garis besar membuktikan bahwa keterampilan mahasiswa Perhotelan dan UPW UPH dalam bidang-bidang yang fokus dengan dunia manajemen pariwisata diakui kualitasnya secara nasional.

“Sangat bersyukur dan bangga kita bisa menang di Hospitour 2021, apalagi kami dapat juara di lomba-lomba yang dikhususkan untuk mahasiswa hospitality & tourism seperti cooking dan travel vlog. Melalui perlombaan ini, kami jadi bisa lebih paham akan materi-materi kuliah yang telah dipelajari karena harus mempraktikkannya langsung,” kata Jessica Versailus, peraih Juara Pertama kategori Cooking Competition.

Hal serupa juga disampaikan oleh Herlin Ellen KurniawanElvina Rosalie Suryajaya dan Christine Sherlia, tim delegasi UPH untuk kategori Hospitality Business Idea Competition yang berhasil mendapatkan juara pertama. Menurut mereka, teori dan praktik dari mata kuliah yang telah dipelajari, membuatnya lebih percaya diri untuk mengikuti lomba.

“Ada lima materi kuliah yang kami terapkan pada materi perlombaan yaitu Digital Marketing, Business Management, Pemasaran untuk Pariwisata, Manajemen Akuntansi & Keuangan Pariwisata, Kewirausahaan & Inovasi Pariwisata. Seluruh ilmu yang kami dapatkan dalam mata kuliah ini kami terapkan dalam membuat ide bisnis yang kami gunakan dalam kompetisi ini bernama “Baso Aci Lah”, yaitu merupakan traditional street food dari Kota Garut, Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka dalam kemasan vacuum packaging dan disajikan secara instan. Ide ini muncul karena kami ingin menemukan cara yang aman untuk menikmati jajanan pinggir jalan di masa pandemi,” jelas Herlin.

Selain meraih prestasi pada kategori perlombaan di bidang hospitality, mahasiswa UPW UPH juga meraih prestasi di kategori Travel Vlog Competition. Dengan membawakan tema “Living Heritage”, konsep video blog yang ditampilkan oleh Denny Desmawan sangat unik karena tempat wisata yang ditujunya adalah Taman Safari Indonesia, Bogor, di mana ia ingin menujukkan keanekaragaman fauna Indonesia. Hal tersebut mampu memikat para juri dan menghantarkan Denny menjadi pemenang pada kategori tersebut.

“Saya memutuskan memilih Taman Safari Indonesia Bogor sebagai destinasi yang saya tuju. Menurut saya ketika mendengar kata heritage, semua orang akan fokus kepada sejarah, museum, peninggalan sejarah, dan lainnya, padahal banyak sekali “living heritage” yang Indonesia punya tentunya, keanekaragaman Fauna Indonesia yang begitu banyak dan unik. Video saya mempunyai tujuan bukan hanya untuk memenangkan kompetisi melainkan juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melindungi flora dan fauna di Indonesia,” tutur Denny.

 

Selain ketiga kategori tersebut, mahasiswa-mahasiswi perhotelan dan pariwisata UPH juga mendapatkan tempat di juara dua, tiga, dan favorit. Berikut beberapa pemenang Hospitour 2021 dari UPH:

Virtual Tour Guiding

  • Juara 2: Veronica Aurelia & Cherry Angeline Affael
  • Juara 3: Jordy Setiawan & Natania Kurniawan

Travel Vlog

  • Juara 2: Angellica Midian Sinaga

Travel Review

  • Juara 2: Cindy Callista
  • Juara 3: Jo Philbert

Fusion Drink

  • Juara 3: Jessica Alexandra

Food Review

  • Juara Favorit: Christina Michelle Susanto

Selamat untuk para pemenang! Fakultas Pariwisata UPH memberikan kurikulum yang komprehensif dengan melatih hardskill dan softskill dalam seluruh kegiatan termasuk mengajak mahasiswanya aktif dalam kegiatan perlombaan. Selain mendalami teori, mahasiswa juga mendapatkan pengalaman praktis dalam mempromosikan keindahan dan prospek industri pariwisata di Indonesia. Mari bergabung di Fakultas Pariwisata UPH sekarang! PASTI bisa kuliah Pariwisata di UPH! Informasi lebih lanjut, hubungi 0811-1709-901.