redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Pemprov DKI Jakarta Gandeng SoD UPH Dalam Program Penataan Kampung Kumuh Jakarta.

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

20 March 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov) bersama School of Design Universitas Pelita Harapan (SoD UPH) berkomitmen mendorong inovasi di permukiman padat penduduk dan kumuh pada kawasan Ibu Kota. Komitmen tersebut dinyatakan dalam program Community Action Plan (CAP) yang dicanangkan pemerintah untuk direalisasikan pada 200 Rukun Warga (RW) pertama di DKI Jakarta. Kerjasama yang dilakukan pada tanggal 20 dan 28 November 2021 lalu ini berupaya untuk mengawal dan terjun langsung bersama warga untuk berkarya serta berinovasi di kampung-kampung.

“Pemprov DKI Jakarta memang sedang melakukan penataan kampung kumuh dengan menerapkan pendekatan CAP. Pendekatan ini merupakan program solusi dari masalah permukiman kumuh di wilayah Ibu Kota yang mendorong warga untuk secara nyata mengambil peran dalam memperbaikinya dan kami menggandeng UPH dalam membantu merealisasikan program ini,” jelas Sarjoko, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta.

SoD UPH dipercaya pemerintah setempat untuk mengawal 4 lokasi kampung yakni RW 1, 2, dan 10 Kelurahan Sukapura serta RW 10 Kelurahan Semper Timur. Adapun upaya-upaya yang dilakukan oleh UPH dan pemerintah setempat meliputi penghijauan, pembuatan mural edukasi, dan pengembangan potensi ekonomi yang dapat mendorong warga setempat untuk aktif berperan dalam meningkatkan kualitas permukiman sehingga dapat dijauhkan dari stigma kampung kumuh.

“Dalam kerja sama ini SoD UPH melakukan berbagai macam kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan perencanaan yang mencakup perencanaan kawasan secara fisik dan juga perencanaan dalam mendorong warga setempat untuk melakukan kegiatan yang dapat mendorong kemajuan dari situasi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat,” ujar Dr. Martin Luqman Katoppo, S.T., M.T., selaku Dekan SoD UPH.

Martin juga menegaskan hal ini menjadi bukti nyata bahwa UPH tidak hanya ingin mengembangkan teori saja namun memiliki dasar dan visi untuk menjadi berkat dan terang yang dapat memberikan dampak positif bagi banyak orang melalui pelayanan yang dilakukan kepada masyarakat.

SoD UPH terus berupaya membekali mahasiswa agar dapat menjadi profesional yang memiliki kontribusi nyata melakui karya serta menjadi berkat bagi masyarakat. Kamu juga bisa menjadi bagian dari UPH, daftarkan dirimu sekarang! Informasi lebih lanjut hubungi Student Consultants di 0811-1709-901.