APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Psikolog UPH Berikan 7 Tips Jaga Kesehatan Mental Lewat Webinar Kepada Siswa SMA

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

7 July 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Menjaga kesehatan mental bukan hanya penting untuk orang dewasa, melainkan juga buat remaja. Apalagi di saat ini, ketika pandemi Covid-19 melanda seluruh daerah, dan mengharuskan setiap orang melakukan karantina mandiri dan social distancing untuk mereduksi penyebaran virus Covid-19. Namun bisa saja, karantina mandiri dan social distancing memiliki dampak negatif terhadap kesehatan mental, karena kurangnya waktu bersosialisasi dengan teman-teman di sekolah, tidak dapat berkegiatan di luar rumah seperti, olahraga, bermain, atau belajar kelompok,  seperti biasanya.

Penjelasan di atas disampaikan dalam Webinar (Web Seminar) yang diadakan Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan (UPH) dengan tema “How to Manage Anxiety During a Pandemic” dengan mengundang siswa/I kelas 11 SMA Atisa Dipamkara, 6 Mei 2020 melalui Zoom Meeting. Webinar ini menghadirkan dua pembicara ahli yaitu Wiwit Puspitasari Dewi, M.Psi., Psi. dan Dicky Sugianto, M.Psi., Psi., keduanya dosen sekaligus psikolog klinis dewasa dari Fakultas Psikologi UPH.

Di Webinar ini, Wiwit menjelaskan bahwa rasa cemas berbeda dengan takut. Tanda fisik saat rasa cemas timbul dalam benak manusia yang disertai dengan rasa deg-degan, pusing, tidak dapat berhenti berpikir, dan gejala lainnya. Wiwit juga menambahkan bahwa gejala fisik tersebut dapat dikurangi dengan mencoba tenang dan mengatur nafas perlahan agar tubuh rileks.

Menambahkan Wiwit, Dicky turut membagikan 7 tips praktis dalam menjaga Kesehatan mental selama di rumah saja. Berikut 7 tips yang dapat diterapkan:

  1. Buat jadwal yang pasti

Pastikan kamu punya jadwal teratur, sebisa mungkin lakukan hal yang sama seperti yang biasanya kita lakukan setiap hari. Mulai dari bangun pagi, sarapan, makan siang, belajar, hingga bermain.

  1. Berpakaian lah seperti kita sedang sekolah

Pakai seragam selama online learning? Kenapa enggak, justru hal ini bagus, loh dan secara psikologis berpengaruh karena kita dibuat lebih siap dan lebih semangat dalam menjalani hari.

  1. Tetap terkoneksi dengan teman-teman

Jangan lupa untuk tetap menanyakan kabar dari teman-teman tentang bagaimana keadaan mereka sekarang. Sempatkan untuk melakukan video conference, atau sekedar main games bareng. Merayakan ulang tahun lewat online, why not?

  1. Menghabiskan waktu dengan keluarga

Dengan adanya karantina saat ini membuat kita bisa melakukan hobi kita yang selalu tertunda.  Kamu bisa masak bareng Mama dan mencoba resep-resep baru, bisa juga mengerjakan hobi menggambar, atau membuat kerajinan tangan bersama dengan keluarga. Ini bisa menjadi aktivitas yang seru!

  1. Jangan malas, olahraga dan jaga makanan!

Yuk, jangan mager alias males gerak! Selama karantina mungkin badan kita menjadi kaku dan cenderung lemas, tapi dengan berolahraga kita bisa merenggangkan tubuh supaya lebih fit. Selain itu, tidur yang cukup minimal 8 jam sangat membantu untuk kita lebih sehat.

  1. Saring lagi infomasi atau berita yang tidak akurat

Jangan dibuat stress dengan adanya pemberitaan yang kurang akurat. Usahakan tetap mencari info-info dari sumber terpercaya untuk menghindari rasa cemas. Ingat ya, saring sebelum sharing.

  1. Segera hubungi tenaga ahli professional bila rasa cemas tak kunjung membaik

HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) dan IPKI (Ikatan Psikologi Klinis Indonesia) menawarkan konseling online gratis untuk kamu bila kecemasan yang kamu alami tak kunjung membaik, baik dari segi fisik atau psikologis.  Segara hubungi mereka ya!

Dengan adanya tips-tips ini, Fakultas Psikologi UPH mengharapkan agar para siswa/i di sekolah dapat mengatasi rasa cemas yang mungkin timbul selama menjalani online learning. Dalam masa pandemi ini UPH juga aktif memberikan informasi yang berkaitan dengan perkembangan kondisi kesehatan dunia, melalui berbagai webinar yang diadakan Fakultas Kedokteran UPH, atau himbauan kesehatan dalam berbagai format digital dari mahasiswa untuk masyarakat melalui media sosial.

Untuk para siswa yang akan mendaftar kuliah di UPH juga dapat melakukan online consulation untuk mendapatkan informasi langsung tentang program studi yang diinginkan  maupun seputar info program beasiswa dan promo menarik lainnya  dengan mengakses di https://www.uph.edu/id/admission/ . Jangan ragu untuk bertanya kepada kami, ya!