redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Rektor Melantik 3.800 Mahasiswa Baru di UPH Festival 2020

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

28 August 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Rektor UPH Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc., melantik 3.800 mahasiswa baru UPH secara simbolis, pada hari pertama UPH Festival 2020, tangal 18 Agustus 2020.  Acara ini sekaligus menandakan dimulainya UPH Festival 2020 bertema ‘Grow and Go’ yang berlangsung selama dua hari, tanggal 18-19 Agustus 2020 secara online. Ke-3.800 mahasiswa UPH Tahun Akademik 2020/2021 ini tersebar dalam 13 fakultas dan 68 program studi (prodi) yang ada di seluruh kampus UPH, yaitu Lippo Village, Plaza Semanggi-Jakarta, Surabaya, dan Medan. Simbolisasi pelantikan dilakukan dengan pengalungan smart card oleh mahasiswa di tempat masing-masing, dilanjutkan dengan pengucapan janji mahasiswa.

Dalam pesannya, Rektor menjelaskan pendidikan holistis transformatif yang akan dijalani mahasiswa baru selama masa studi di UPH, yang bertujuan menghasilkan lulusan yang tidak saja kompeten dalam keilmuan tetapi juga karakter yang benar, berlandaskan visi dan misi UPH yaitu pengetahuan sejati, iman kepada Kristus, dan karakter mulia.

“Saya juga mengajak setiap komponen yang ada di UPH dari dosen sampai ke staf, mari bersyukur dalam menyambut mahasiswa baru ini dan memberikan kinerja terbaik agar mereka kelak lulus dan dapat diutus. Kita doakan mahasiswa UPH diberkati Tuhan,” tambah Rektor.

Sambutan dan motivasi untuk mahasiswa baru juga disampaikan Founder UPH Dr. (HC) James T. Riady, diawali dengan harapan agar para mahasiswa dapat bertumbuh dalam berbagai aspek, baik pendidikan, keahlian, karakter, dan dapat menemukan panggilan Tuhan, melalui proses pembelajaran selama 3.5 tahun di UPH, sehingga kelak menjadi pemimpin yang transformasional bagi Indonesia bahkan dunia.

“Selama berada di UPH, kami berharap anda dapat bertumbuh melalui dukungan dari para dosen dan staf yang akan memberikan pengarahan, pengajaran, bahkan tantangan agar bisa menjadi pribadi yang mempunyai tujuan. While you at UPH, we hope that you learn to asses and passionately grab those opportunities,” pesan James.

Mahasiswa juga disambut oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Curtis J. Taylor, Ph.D., dengan menjelaskan tema UPH Festival tahun ini yaitu ‘Grow and Go’. Tema tersebut bermakna kita ada di dunia ini dengan tujuan khusus untuk memuliakan Allah, karena itu kita perlu tumbuh (Grow) menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri sebelum kita terjun (Go) ke dunia dan menghasilkan dampak positif bagi orang lain dan masyarakat luas.

Usai acara pelantikan mahasiswa baru, UPH Festival hari ini dilanjutkan dengan penyambutan oleh masing-masing fakultas. Di acara ini mahasiswa berkenalan dengan Dekan, Kepala Program Studi (Kaprodi) serta para dosen, dan staf pendukung di masing-masing fakultas, serta mendapatkan informasi terkait proses pembelajaran online, peraturan kampus dan berbagai informasi penting terkait fakultas.

Meskipun acara penyambutan mahasiswa baru dilakukan secara online, namun UPH berharap mahasiswa baru tetap dapat merasakan momen berharga memasuki perkuliahan melalui UPH Festival ini.  Di hari kedua UPH Festival, pada 19 Agustus 2020, mahasiswa akan mengikuti serangkaian acara yang penting dan menarik, diantaranya sesi Distinguished Guest Speakers bersama narasumber dari tiga kementerian, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.  Acara menarik lainnya juga sudah disiapkan diantaranya jumpa alumni, 5K Fun Run, serta penutupan UPH Festival dengan performance ‘GrowxGo’ Virtual Dance yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru.

Melalui seluruh rangkaian acara UPH Festival 2020 ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk mahasiswa baru menjalankan studi dengan penuh tanggung jawab dengan semangat ‘Grow and Go’.