APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

SI UPH Gelar Lokakarya Sinergi Technopreneurship, Implementasikan Kurikulum MBKM.

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

28 October 2021

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Program Studi Sistem Informasi (SI) Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar Lokakarya dengan tema ‘Sinergi Technopreneurship Dengan Program Merdeka Belajar-Kampus Meredeka (MBKM)’, untuk memetakan minat dan merumuskan strategi pendampingan kewirausahaan bagi mahasiswa pada 28 Agustus 2021 lalu. Agenda yang merupakan bagian dari aktivitas Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) ini, dihadiri oleh Stephanie Riady, B.A., M.Ed, selaku Executive Director Yayasan Pendidikan Pelita Harapan, Dr. Rijanto Purbojo, S.Psi., M.Sc. selaku  Directorate of Online Education UPH, Kusno Prasetya, Ph. D selaku Head of Web and Mobil Application Lab Information Systems UPH, serta  para ekspertis industri di bidang teknologi. Kebutuhan untuk menumbuhkan minat wirausaha yang dikaitkan dengan teknologi pada mahasiswa dalam program technopreneurship, menjadi latar belakang Prodi SI UPH mengadakan lokakarya ini.

Kusno Prasetya, Ph. D menuturkan ada dua usulan aktivitas pengimplementasian PKKM di SI UPH, yaitu technopreneur yang inovatif dan kreatif serta lab virtual untuk pembelajaran adaptif. Untuk saat ini, SI UPH telah menjalankan aktivitas yang pertama yaitu technopreneurship dan akan berjalan selama tiga tahun kedepan.

“Ada beberapa sub kegiatan dalam aktivitas PKKM, seperti peningkatan skill dosen dalam mengembangkan materi ajar terkait technopreneurship, implementasi case-based method dan teknologi virtual reality dalam mata kuliah, magang, dan pembentukan lab inkubasi start-up,” ungkap Kusno.

Senada dengan hal tersebut, Dr. Rijanto Purbojo, S.Psi., M.Sc yang juga merupakan Ketua Tim Taskforce Kampus Merdeka UPH menekankan pada pentingnya kegiatan wirausaha berbasis teknologi sehingga bisa memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kegiatan wirausaha yang dikaitkan dengan teknologi itu merupakan suatu inisiatif yang sangat baik dan dibutuhkan di masa sekarang. Tidak hanya dari sisi orientasi bisnis saja tapi juga dari sisi masyarakat secara umum kebutuhannya juga sangat besar. Kegiatan wirusaha bermaksud untuk menumbuhkan minat mahasiswa kita dalam berwirausaha sehingga bisa menjadi sebuah solusi untuk mengatasi pengangguran, terutama pengangguran intelektual dan sarjana, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa. Sebagai tenaga pendidik, kita harus menyiapkan kurikulum agar mahasiswa bisa mulai ikut kegiatan wirausaha pada tahun kedua menjelang tahun ketiga perkuliahan mereka,” jelas Rijanto.

Nantinya, para mahasiswa yang mendaftar dan lulus seleksi untuk mengikuti kegiatan wirausaha MBKM akan menjalani beberapa program pelatihan dan pembimbingan yang dimulai dari penyusunan proposal bisnis, melakukan eksekusi bisnis, mengikuti lokakarya dan pembekalan, mengevaluasi kegiatan bisnis, sampai ke pelaporan hasil kegiatan.

Kegiatan bisnis yang dilakukan oleh mahasiswa nantinya juga akan dinilai terhadap aspek-aspek penguasaan mahasiswa seperti keahlian teknis, konseptual, kemampuan manajerial, sumber daya manusia, teknologi pemasaran, keuangan, dan manajemen waktu.

Meresponi hal tersebut, Stephanie Riady, B.A., M.Ed berharap kegiatan yang dilakukan oleh SI UPH untuk MBKM semakin menguatkan jaringan UPH dengan dunia industri.

“Lokakarya seperti ini sangat penting dan berguna sekali untuk para mahasiswa, karena mereka bisa mendapatkan pengetahuan baru dari pengalaman para ekspertis industri di bidang teknologi. Yang terutama, tentunya kita berharap akan semakin mengetahui kesempatan-kesempatan yang ada melalui MBKM dan berbagai kesempatan untuk mahasiswa seperti magang. Kolaborasi dan feedback yang kuat antara dunia akademik dan industri semua akan semakin maju, semakin kuat, dan tangguh untuk menghadapi tantangan di era yang akan datang,” papar Stephanie.

SI UPH berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas bagi seluruh mahasiswa, untuk dapat menjadi wirausaha profesional dan berguna bagi pertumbuhan ekonomi negeri. Ayo, gabung bersama UPH dan sukseskan program MBKM! Informasi lebih lanjut hubungi Student Consultant di 0811-1709-901.