redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

UPH Kampus Surabaya Siap Terapkan M-Flex Learning Menghadapi Ngampus di Era New Normal

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

28 July 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Dalam konteks pendidikan, efek dari kebijakan “new normal” sudah mulai diterapkan ke dalam rencana kegiatan belajar mengajar. Kesiapan ini juga sudah diantisipasi seluruh kampus UPH termasuk kampus Surabaya.

Metode pembelajaran online dengan menggunakan Multi-Fleksibel (M-Flex) yang terdiri dari metode pembelajaran aktif sinkron dan asinkron akan diterapkan untuk semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Penggunaan M-Flex akan memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk memberikan pendidikan yang berkualitas serta untuk menjaga keamanan serta kesehatan dari komunitas UPH.

Dalam prakteknya, UPH Surabaya telah mengantisipasi perubahan ke pembelajaran online sebelum pandemi Covid-19 diumumkan masuk di Indonesia. Sejak awal tahun 2020 UPH sudah menerapkan metode pembelajaran online yang disebut Hybrid Learning, yaitu sistem penggabungan antara kuliah tatap muka dengan online. Metode ini awalnya diterapkan pada sebagian mata kuliah dan biasanya dilakukan terutama dalam pelaksanaan kuliah yang menghadirkan dosen tamu dari luar negeri.

Secara bertahap UPH Kampus Surabaya akan terus meningkatkan kualitas sistem perkuliahan online ini baik dari sisi tenaga pengajar atau dosen maupun mahasiswanya agar tetap menghasilkan kualitas yang sama dengan perkuliahan onsite di kampus. Untuk kelancaran proses pembelajaran online, khususnya untuk para mahasiswa baru, akan dilakukan pelatihan cara mengakses Moodle yaitu Learning Management System (LMS) berbasis open-source, sehingga dapat dimaksimalkan penggunaannya. Pelatihan mencakup cara untuk absen, mengerjakan tugas, mengerjakan ujian, melakukan diskusi di forum, hingga quiz. Tidak hanya itu UPH juga telah membuat buku panduan petunjuk penggunaan Moodle disertai video tutorial yang sangat membantu pengguna.

Selain sudah siap dengan sistem pendidikan online, tentunya UPH Kampus Surabaya juga tidak lupa menjaga kebersihan dan keamanan kampus. Beragam protokol Kesehatan sudah siap diterapkan jika ke depannya ada kegiatan yang mengharuskan pertemuan tatap muka. Misalnya cek suhu, penyediaan sarana untuk cuci tangan di pintu-pintu masuk, physical distancing di dalam lift dan peralihan ke tangga, serta kapasitas kelas yang dibatasi hanya 40%.

Jadi tidak perlu diragukan lagi. UPH Kampus Surabaya sudah siap menghadapi aktivitas perkuliahan di era new normal ini. Bagaimana dengan kamu? Pastikan kamu juga sudah siap dan tidak perlu takut lagi ngampus di tengah pandemi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran, kalian bisa menghubingi tim student consultant UPH Kampus Surabaya di 081334549848 atau di www.surabaya.uph.edu.