redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Wakili Provinsi DKI Jakarta, The Johannes Oentoro Library UPH Jadi Pemenang Nasional di ALIA 2021.

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

13 December 2021

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

The Johannes Oentoro Library (JOL) Universitas Pelita Harapan (UPH) terpilih sebagai pemenang tingkat nasional dalam anugerah Academic Library Innovation Award (ALIA) 2021 ‘Smart Library for Smart Society During Pandemic’ yang diselenggarakan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) pada 20 Oktober 2021 lalu. Prestasi ini membuktikan JOL UPH melakukan inovasi dan kreativitas dalam penyelenggaraan perpustakaan sehingga semakin berperan dalam membentuk masyarakat yang maju dan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi selama masa pandemi.

Manajer JOL UPH, Dhama Gustiar Baskoro, S.S., M.Pd., mengungkapkan dirinya dan tim sangat bersyukur atas pencapaian ini. “Sungguh kami sendiripun tidak menyangka akan menjadi pemenang di ajang nasional ini, tentu kami sangat bahagia dan mengucap syukur kepada Tuhan atas berkatnya kami bisa menjadi juara 1 tingkat nasional dan berhadapan dengan pesaing-pesaing kuat dari berbagai universitas di Indonesia,” ungkap Dhama.

Tim JOL UPH meyakini, bahwa program unggulan yang diusung mereka yaitu ‘Information Literacy Smart Class (ILSC)’ sangat sesuai dengan karakter penilaian utama dari para juri karena berhubungan dengan topik lomba yang diangkat yaitu ‘Inovasi Perpustakaan di masa Pandemi’. ILSC sangat memudahkan mahasiswa dalam melakukan kelas online, terutama mahasiswa dapat memilih waktu pengerjaan kelasnya sendiri.

“ILSC terinisiasi karena adanya pembatasan mobilitas dan tatap muka sehingga terbentuk kelas asinkronus untuk menunjang pembelajaran di UPH. Menurut kami program ini relevan dan memang sangat mendukung pengembangan akses layanan dan koleksi kami yang sebagian besar dalam bentuk digital. Pada babak penilaian, kami fokus mempresentasikan satu program ini sehingga lebih applicable dalam pelaksanaannya. Presentasi ini juga dilengkapi dengan hasil survei dari responden yang jumlahnya ribuan dan dilengkapi juga dengan testimoni dari mahasiswa dan dosen,” kata Dhama.

JOL UPH senantiasa berinovasi menciptakan berbagai layanan yang prima bagi seluruh civitas akademika UPH dan akan terus meningkatkan program layanan ILSC menjadi lebih baik lagi sehingga dapat bermanfaat secara optimal untuk mahasiswa UPH dan bisa menjadi inspirasi bagi perpustakaan lainnya.

Bagi kamu siswa/i kelas 12 yang ingin berkuliah dan mendapatkan fasilitas perpustakaan dengan kualitas layanan terbaik, pendaftaran mahasiswa baru UPH untuk Tahun Akademik 2022/2023 telah dibuka, daftarkan dirimu di sini sekarang! Informasi lebih lanjut hubungi Student Consultants di 0811-1709-901.