APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

KKN Bela Negara, Ajang Mahasiswa Gali Potensi Sumber Daya di Tiga Kabupaten

avatar penulis

Fikha Ardiani

29 January 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Halaman timur Giriloka, senin pagi (8/1) terlihat ramai, sebanyak 2.182 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Out Campus Bela Negara bersiap mengikuti upacara pembukaan KKN. Dipimpin langsung oleh Rektor UPN “Veteran” Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP bersama beberapa pejabat UPN “Veteran” Jawa Timur. KKN Bela Negara ini akan dilaksanakan pada 8 – 22 Januari di tiga Kabupaten yang menjadi prioritas Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yakni Nganjuk, Blitar dan Trenggalek.

KKN Bela Negara yang diikuti 2.182 mahasiswa ini terdiri dari 520 Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 166 Mahasiswa Fakultas Pertanian, 570 Mahasiswa Fakultas Teknik, 469 Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 122 Mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain, 133 Mahasiswa Fakultas Hukum dan 202 Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer.20180108074423 IMG 2417

Dalam amanatnya, rektor berpesan pada mahasiswa agar bisa mengembangkan potensi sumber daya yang ada di masing – masing. “program KKN adalah program yang wajib ditempuh mahasiswa. Program ini bertujuan melatih kepemimpinan mahasiswa dan untuk mengimplementasikan ilmu yang didapatkan langsung kepada masyarakat. Pada program ini mahasiswa dituntut untuk bisa mengembangkan potensi daerah yang berguna untuk mensejahterakan rakyat”

Selama dua minggu, KKN Bela Negara yang terbagi dalam 48 kelompok dan masing – masing kelompok terdiri dari 40 – 50 mahasiswa ini akan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Dengan menerapkan ilmu dan pengalaman yang mereka dapat selama perkuliahan. Setiap kelompok yang mengikuti KKN akan terbagi kedalam lima divisi, yaitu pendidikan, hukum dan administrasi, kesehatan, produksi, dan teknologi tepat guna.

Terkait dengan pembagian daerah, Trenggalek menjadi wilayah terbanyak yakni 4 Kecamatan dengan 820 mahasiswa, sedangkan Kecamatan Gondang, Nganjuk dengan 520 mahasiswa dan Kecamatan Kademangan, Blitar dengan 521 mahasiswa.

20180108074219 IMG 2397Lebih lanjut, Kepala LPPM, Dr. Ir. Sukendah, MSc mengatakan Mulai tahun ini, KKN dilakukan secara kontinu karena pihak LPPM memiliki sebuah program kerja yakni KKN Multi Years. “KKN tahun ini bersifat Multi Years dimana tidak sporadis tapi kontinu. Sudah ditata dalam Action Plan selama 5 tahun untuk daerah tersebut sehingga daerah itu hanya berganti mahasiswa, namun programnya tetap terus berjalan,” jelasnya.

Sementara itu, Nadhif Revisyah, salah satu peserta KKN Bela Negara mengaku optimis bisa membagikan ilmu dan pengalaman yang dia dapat selama perkuliahan kepada masyarakat yang ada di daerah Senjayan, Gondang – Nganjuk. “kami yakin bisa berbaur dan menggali sumber daya baik alam maupun sumber daya manusia yang ada di daerah kami dan bisa bermanfaat bagi mereka” tutupnya.

(www.upnjatim.ac.id)