redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Mahasiswa IKIP Mataram Laksanakan Program KKN Tematik – 72 Mahasiswa Ikut Program KKN PPM

avatar penulis

Anggi Maulinda

16 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sebanyak 554 mahasiswa IKIP Mataram yang berasal dari 10 program studi melaksanakan kegiatan KKN Tematik dan KKN PPM (Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) pada 50 desa di Pulau Lombok. Khusus KKN Tematik, semua lokasinya berada di Kabupaten Lombok Tengah, tersebar pada 44 desa dan melibatkan mahasiswa sebanyak 482 orang serta 49 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Sementara untuk KKN PPM bertempat di empat kabupaten yaitu Lombok Timur di Desa Pringgabaya, Lombok Utara di Gili Meno, Lombok Barat di Desa Mambalan dan Lombok Tengah di Dusun Awang Pujut dan Dusun Pancor Dao Batukeliang. KKN PPM diikuti 72 mahasiswa dan 12 orang DPL.

Peserta KKN Tematik Pengentasan buta aksara dilepas secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM H. Sugonto, SIP di halaman Kantor Bupati Lombok Tengah pada hari Selasa, 31 Juli 2018. Acara pelepasan dihadiri oleh unsur Pimpinan Daerah Lombok Tengah, Rektor, Wakil Rektor I, semua Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan mahasiswa peserta KKN Tematik.

Dalam sambutannya Rektor IKIP Mataram Prof. Kusno, DEA.,Ph.D, menyampaikan terima kasih atas penerimaan dan kerjasama Pemda Lombok Tengah dalam memfasilitasi pelaksanaan KKN tematik yang baru pertama kali dilaksanakan oleh IKIP Mataram. Rektor juga mengingatkan agar selama KKN, mahasiswa bisa melaksanakan semua program yang direncanakan dengan baik serta memberikan hasill yang dapat dirasakan manafaatnya oleh masyarakat. Begitu juga kepada DPL, Rektor berpesan agar memberikan bimbingan sebaik-baiknya, memberikan pendampingan pada setiap saat dibutuhkan serta mampu menjembatani mahasiswa dengan pemerintah desa manakala ada permasalahan yang dihadapi mahasiswa selama melaksanakan KKN.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM H. Sugonto, SIP, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada IKIP Mataram yang melaksanakan KKN Tematik Pengentasan Buta Askara di Lombok Tengah. Program tematik ini sangat membantu pemerintah dalam upaya mengentaskan buta aksara karena ini akan berdampak positif bagi peningkatan kualitas SDM masyarakat. Selamat melaksanakan KKN Tematik, Semoga semua program yang telah direncanakan berjalan dengan baik dan sukses, ungkapnya.

Kepala LPPM IKIP Mataram Dr. Ahmad Sukri, M.Pd., mengungkapkan bahwa KKN Tematik akan berlangsung selama 1 bulan yaitu dari tanggal 1 sampai 31 Agustus 2018. Selain KKN Tematik, di waktu bersamaan juga berlangsung Program KKN PPM dengan judul/program yang telah disetujui untuk dibiayai oleh Kemenristekdikti. Dr. Sukri menambahkan bahwa sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), mulai tahun 2018 IKIP Mataram akan fokus pada program KKN Tematik dengan tema-tema yang berkaitan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui kegiatan bernuansa pendidikan. Kegiatan KKN di luar tema pendidikan, seperti kegiatan sosial, kegiatan keagamaan, olahraga dan sejenisnya bisa dilakukan oleh mahasiswa selama tidak menggangu program pokok sesuai tema. Kecuali mahasiswa yang mengikuti KKN PPM, itu disesuaikan dengan judul program yang disetujui oleh Kemenristekdikti.