APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Satu-satunya di Indonesia, Prodi Teknik Kimia Pulp dan Kertas Resmi Universitas RiauSatu-satunya di Indonesia, Prodi Teknik Kimia Pulp dan Kertas Resmi Universitas Riau

avatar penulis

Fikha Ardiani

29 January 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sebagai salah satu perguruan tinggi terbesar di Riau, Riau'>Universitas Riau (UR) akan segera menoreh sejarah baru, dengan hadirnya Program Studi (Prodi) Diploma III (Vokasi) Teknik Kimia Pulp dan Kertas, yang merupakan jurusan satu-satunya yang ada di Indonesia.

Bahkan di Asia Tenggara, sampai saat ini hanya ada di salah satu universitas Thailand yang memiliki Prodi tersebut. Jika nantinya jurusan Pulp dan Kertas sudah beroperasi di UR, yang bernaung di Fakultas Teknik, maka di Asia Tenggara hanya ada dua jurusan tersebut, yakni di Riau dan Thailand.

Pembangunan Prodi baru ini di UR, merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Riau'>Universitas Riau, Tanoto Foundation, dan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), yang sudah dilakukan penandatanganan MoU pada Minggu (21/1) lalu, yang disaksikan langsung oleh Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto.

Dalam kerjasama tersebut, disepakati, Tanoto Foundation akan membantu pembangunan gedung yang dinamai dengan Tanoto Pulp and Paper Centre, di Fakultas Teknik, UR.

Pada Selasa (23/1) siang, digelar peletakan batu pertama pembangunan gedung tersebut, yang dilakukan oleh sejumlah pihak, di antaranya, Rektor UR, Aras Mulyadi, Dekan Fakultas Teknik UR, Ari Shandyavitri, Deputy Head of Tanoto Foundation, Margaretha Ari Widowati, Mill Operational Support Director PT RAPP, Muhammad Ali Shabri Nasution, pengurus Ikatan Alumni UR, Wakil Bupati Pelalawan, Zardewan, perwakilan dinas pendidikan, dan berbagai pihak terkait lainnya.

Dekan Fakultas Teknik UR, Ari Shandyavitri dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya sangat berterima kasih pada pihak Tanoto Foundation dan PT RAPP, yang membangunkan gedung untuk program D III Pulp dan Kertas, sekaligus dengan kelengkapan belajar dan mengajar gedung tersebut. Dikatakan Ari, jurusan ini akan menjadi Prodi satu-satunya di Indonesia nantinya.

"Perencanaan ini sudah dimulai pada 21 April 2018, artinya, pas 9 bulan, akhirnya lahir hari ini, dan mulai pembangunan fisiknya. Tidak hanya gedung ini, tapi juga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Mapala, lapangan olahraga, dan beberapa bangunan lainnya, yang dibangunkan sepaket sekaligus," kata Ari dalam sambutannya.

Sementara itu, Deputy Head of Tanoto Foundation, Margaretha Ari Widowati menyampaikan, pihaknya akan membantu sepaket bangunan tersebut nantinya, beserta dengan sejumlah bangunan lainnya, bahkan hingga ke furniture.

"Kami butuh waktu 9 bulan lagi, dimulai dari sekarang, untuk menyelesaikan proyek ini. Sehingga ketika sudah selesai, maka para mahasiswa bisa langsung masuk nantinya. Semoga berjalan dengan lancar," harapnya.

(www.pekanbaru.tribunnews.com)