APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Kuliah Kerja Nyata Reguler Periode II 2024 Selesai, Mahasiswa Unsam Resmi Dijemput

avatar penulis

Daffa AM

2 August 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Mahasiswa KKN di Kecamatan Paya Bakong

Langsa- Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode II Tahun  2024 yang dilakukan mahasiswa Universitas Samudra (Unsam) di wilayah kabupaten Aceh Utara telah selesai dilaksanakan. Sebanyak 678 mahasiswa peserta KKN resmi dijemput panitia penyelenggara KKN, yaitu LPPM-PM Unsam pada Rabu, (10/7/2024).

Acara Serah terima penjemputan pulang mahasiswa dilakukan di kantor camat masing masing kecamatan. Kecamatan Tanah Luas dilakukan oleh Plt. Camat Tanah Luas, Bachtiar, S.E;  Kecamatan Matangkuli dilakukan oleh Camat Matangkuli, Edwar, BA; Kecamatan Paya Bakong dilakukan oleh Camat Paya Bakong, Syahrul Nizam, S.STP.,M.Si dan Kecamatan Cot Girek dilakukan oleh Camat Cot Girek, Kamaruddin KS, S.STP.,M.A.P di Kantor Camat Cot Girek.

Sebagaimana disampaikan Ketua LPPM-PM Unsam, Dr. Asnawi, M.Pd, bahwa kegiatan ini merupakan bagian penting dari komitmen Unsam untuk menghubungkan teori dengan praktik di lapangan serta memfasilitasi pengalaman belajar yang berharga di tengah masyarakat. Pelaksanaan KKN selama 1 (satu) bulan di lapangan telah selesai dimana masyarakat di lokasi KKN menyambut baik dan secara positif  mendukung KKN mahasiswa Unsam dan telah berjalan dengan lancar.

Hal ini membuktikan bahwa masyarakat dan mahasiswa mampu berkolaborasi dan antusias dengan perkembangan kegiatan pedidikan di perguruan tinggi. Dalam hal ini Rektor Universitas Samudra, Prof. Dr. Ir. Hamdani, M.T.,IPM melalui Ketua LPPM-PM Unsam,  beserta panitia penyelenggara KKN Unsam mengucapkan terimakasih dan apresiasi setingg tingginya atas dukungan yang telah diberikan oleh camat beserta jajarannya, Kapolsek,  Dan Ramil, Mukim serta

Mahasiswa KKN di Kecamatan Cot Girek

Geuchik dan seluruh masyarakat dalam wilayah Pemda Aceh Utara yang telah berpartisipasi mendukung suksesnya kegiatan KKN ini yang merupakan salah satu kegiatan akademik mahasiswa Universitas Samudra.

Seperti disampaikan Dr. Tengku Muhammad Sahudra, M.Pd yang bertugas melakukan penjemputan di kecamatan Cot Girek, KKN selain bentuk pengabdian kepada masyarakat, juga merupakan salah satu kesempatan kita pihak perguruan tinggi untuk saling memberikan informasi kepada masyarakat yang membutuhkan tentang perkembangan ilmu pengetahuan atau prodi prodi baru yang ada di Universitas Samudra, yang mungkin masih belum sampai kepada masyarakat.  Terutama pembukaan Prodi prodi yang baru dibuka di Universitas Samudra, yaitu Jurusan Seni Kuliner Tata Boga, Jurusan IPA,  Geofisika, Magister IPS, Magister Hukum, dan jurusan lainnya. Ini sebagai bentuk keseriusan dan keaktifan Universitas Samudra dalam meningkatkan pengetahuan bagi pemuda pemudi kecamatan Cot Girek khususnya untuk berkuliah di Universitas Samudra.

Camat masing masing kecamatan mengucapkan terimakasih kepada pihak Universitas Samudra, dimana wilayahnya dipercaya menjadi Lokasi pelaksanaan KKN Unsam. Sebagaimana dikemukakan Camat Cot Girek, Kamaruddin, SSTP., M.A.P, Selama pelaksanaan KKN oleh mahasiswa Unsam kali ini mendapatkan respon positif dari masyarakat Cot Girek, selama satu bulan adek adek mahasiswa ini mewarnai kecamatan Cot Girek ini menjadi lebih biru karena jas almamaternya warna biru dan tampak lebih ramai. Camat juga mengapresiasi cara kerja keuchik yang baik dan aktif selama kegiatan KKN berlangsung. Camat sering koordinasi dan mendapat laporan secara positif dari keuchik tentang kegiatan kegiatan dan aktifitas dari mahasiswa KKN.

Mahasiswa juga sering berkoordinasi dengan camat Cot Girek terkait pelaksanaan kegiatan kegiatan masyarakat yang di motori oleh mahasiswa KKN seperti lomba masak antar desa dengan tema “Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman” yang diikuti oleh seluruh PKK Desa dan Keuchik. Demikian juga dengan kegiatan anak anak dengan kegiatan lomba lompat karung dan tarik tambang serta kegiatan dakwah islamiyah.

Mahasiswa KKN di Kecamatan Tanah Luas

Demikian juga tanggapan Camat kecamatan Tanah Luas,  Bachtiar, S.E, mengungkapkan hal yang sama, Selaku camat dan pemerintahan setempat, dengan tulus menyambut kedatangan para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata di wilayah ini. Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari keterlibatan adik adik mahasiswa dari Unsam dalam pengembangan masyarakat serta pembelajaran langsung di lapangan. “Terimakasih atas dedikasi dan semangat  adik adik mahasiswa dalam melaksanakan KKN ini, harapan kami kontribusi yang telah diberikan memberi kemajuan yang berarti bagi masyarakat sekitar.”Ucapnya.

Perwakilan Kepala desa Ampeh Kecamatan Tanah Luas, Kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang kalian lakukan di desa kami adalah suatu kesempatan yang berharga untuk berkontribusi langsung dalam pembangunan dan kemajuan masyarakat lokal. Kami mengapresiasi dedikasi dan semangat kalian dalam belajar sambil melakukan hal positif untuk masyarakat. Semoga pengalaman ini tidak hanya memberikan pembelajaran yang berharga bagi kalian, tetapi juga memberikan dampak positif yang nyata bagi kemajuan desa kami.

Perwakilan mahasiswa Syahrial Pane (camat mahasiswa KKN) menyampaikan,  mahasiswa merasa terkesan dan belajar banyak dari masyarakat desa dalam perlakuan sosial, kehidupan bermasyarakat, dan kerja sama. Kegiatan selalu disambut dengan baik, positif dan saling membantu. Demikian juga pihak kecamatan selalu mendukung, sehingga setiap program kerja terlaksana dengan lancar. Ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak kecamatan, Polsek, Danramil, Keuchik dan masyarakat desa atas dukungan yang telah diberikan kepada mahasiswa Universitas Samudra selama pelaksanaan KKN periode 2 tahun 2024.(Humas Unsam11).

Mahasiswa KKN di Kecamatan Tanah Luas