APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Prodi MAP FISIP UNS mengadakan Pelatihan Penulisan Publikasi Ilmiah

avatar penulis

Kartika Putri

3 April 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Program Studi (Prodi) Magister Ilmu Administrasi Publik (MAP) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan kegiatan Pelatihan Penulisan Publikasi Ilmiah, Rabu (27/3/2024). Dosen Administrasi Publik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Dr. Bevaola Kusumasari, M.Si. menjadi narasumber dalam kesempatan ini. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Ruang Mangkunegara UNS Inn.

Acara dibuka oleh Dra. Prahastiwi Utari, M.Si., Ph.D. selaku Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FISIP UNS. Kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa. Selain itu, syarat kelulusan mahasiswa S-2 Administrasi Publik adalah Jurnal terakreditasi Sinta 2 atau internasional proceeding dengan indeks Scopus. Mahasiswa semester dua sendiri mendapat tantangan dengan harus mulai menemukan tema dan kebaruan penelitian untuk penulisan tesis dan publikasi.

Pelatihan penulisan publikasi ini turut dihadiri Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si.; Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FISIP UNS, Dra. Prahastiwi Utari, M.Si., Ph.D.; Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis dan Informasi FISIP UNS, Dr. Didik Gunawan Suharto, S.Sos., M.Si.; Dosen FISIP UNS dan Mahasiswa S-2 MAP FISIP UNS.

Dr. Bevaola Kusumasari, M.Si., menyampaikan materi proses dari publikasi ilmiah. Terdapat beberapa tahapan yang perlu dilalui. Proses submit hingga publish artikel akan melalui tahapan desk review dengan waktu berkisar 1 bulan, review yang berkisar 2 bulan, revisi dengan kisaran waktu 2 bulan, hingga Layouting yang berkisar 1 bulan.

“Proses publikasi ilmiah paling cepat 6 bulan. Saat submit artikel perhatikan scope jurnal agar sesuai dengan tulisan yang akan di submit,” papar Dr. Bevaola.

Dr. Bevaola turut berbagi cara memilih jurnal untuk publikasi. Jurnal publikasi dapat dipiilih berdasarkan bacaan dalam studi literatur yang dilakukan. Adapun cara lain seperti berdasarkan ranking jurnal, index jurnal, topik riset, waktu dan biaya untuk publish.

Selain itu, beliau bercerita mengenai cara menentukan judul dengan menarik perhatian pembaca. Judul sebuah penelitian harus secara jelas mencerminkan tema utama, dan sespesifik mungkin mengingat terdapat batasan pada panjangnya.

“Menentukan judul bisa dilakukan dengan mix-match dari artikel utama yang dipilih,” lanjut Dr. Bevaola.

Seusai pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan dosen dan mahasiswa MAP yang hadir. Diskusi terbangun pada sesi ini. Para peserta bertanya hal-hal yang bersifat praktis dan pengalaman publikasi kepada narasumber.

Acara ditutup oleh Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si. dengan berpesan bahwa menulis adalah sebuah kegiatan yang never ending process. Setiap orang memiliki waktu yang terbatas untuk mengumpulkan artikel, hal tersebut harus tetap dilakukan agar dapat mendapat masukan.

“Kita bisa memperbaiki tulisan kita untuk kedepannya. Pilihlah artikel dengan target diatas lebih tinggi dari yang anda pilih,” pesan Prof. Ismi. Humas UNS

Reporter: R.P.Adji

Redaktur: Dwi Hastuti

Sumber : Berita UNS