redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Kopma Unsil Raih Gelar Juara Umum Dalam JAMKOPMANAS 2017

avatar penulis

Azrul Prayoga

24 March 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Siliwangi (20/09/2017). Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional (JAMKOPMANAS) merupakan event tahunan terbesar Kopma se-Indonesia yang diselenggarakan oleh FKKMI (Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia). JAMKOPMANAS yang ke-6 pada tahun ini diselenggarakan di Koperasi Mahasiswa Bumi Siliwangi UPI Bandung, karena tahun 2016 Kopma BS UPI meraih Juara Umum. JAMKOPMANAS tahun 2017 ini diikuti oleh 56 tim, dari 53 Koperasi Mahasiswa di seluruh Indonesia yang merupakan delegasi dari masing-masing Universitas. Tema JAMKOPMANAS 2017 yaitu “Sauyunan Sabilulungan Ngamumule Budaya Koperasi Pikeun Ajeg Tur Mekar Ngigelan Paneka Jaman”, yang artinya “bersama-sama gotong royong melestarikan budaya koperasi agar tetap berdiri kokoh dan berkembang seiring perkembangan zaman”.

JAMKOPMANAS 2017 diselenggarakan selama 5 hari dari tanggal 10-14 September 2017, dengan berbagai rangkaian acara serta perlombaan, seperti Pemilihan Putra-Putri Kopma Nasional 2017, Kompetisi Koperasi Nasional, Lomba Bussiness Plan, Propaganda Koperasi serta Kreasi seni dan berbagai kegiatan lainnya seperti Field Trip juga perayaan Ulang Tahun Kopma BS UPI. Selain itu, peserta juga melakukan tukar kado dan diskusi seputar perkoperasian.

Dalam ajang tersebut Kopma Unsil mendelegasikan 2 tim dengan 1 orang pembimbing (Gilang Purnama Yuda), yaitu Tim A (Dian Ramdani: Pendidikan Sejarah 2015, Miftah Farid: Manajemen 2016, dan Nunung Nurhayati: Akuntansi 2015) dan Tim B (Imam Safei Muslim: Akuntansi 2015, Risna Widia: Manajemen 2016, dan Nur Ami Amalia: Pendidikan Luar Sekolah 2016). Adapun penghargaan yang diperoleh Kopma Unsil yaitu:

  • Juara Umum JAMKOPMANAS 2017 (Tim B)
  • Juara 1 Kompetensi Koperasi Nasional (Tim B)
  • 10 besar Kompetensi Koperasi Nasional (Tim A)
  • 8 besar Lomba Bussiness Plan (Tim B)
  • 5 besar Puteri Kopma Nasional 2017 (Nur Ami Amalia)
  • 10 besar Putera Kopma Nasional 2017 (Imam Safei Muslim)
  • 10 besar Putera Kopma Nasional 2017 (Miftah Farid)
  • Runner Up 1 Putra Kopma Nasional 2017 (Dian Ramdani)
  • Runner Up 1 Putri Kopma Nasional 2017 (Nunung Nurhayati)

Berdasarkan akumulasi kejuaraan-kejuaraan yang diraih oleh Kopma Unsil akhirnya piala bergilir dari FKKMI (Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia) dan piala tetap dari Menteri Koperasi & UKM RI dapat diboyong oleh Kopma Unsil, serta menjadi tuan rumah dalam ajang JAMKOPMANAS tahun 2018 mendatang.

Doa, usaha, ikhtiar, tawakal merupakan kunci keberhasilan yang diraih oleh delegasi tim Kopma Unsil. Pembentukan tim untuk mengikuti jambore ini melalui proses seleksi terlebih dahulu yang dilakukan 1 bulan sebelum pelaksanaan. Melalui persiapan yang matang serta berdiskusi telah dijalani oleh Kopma Unsil untuk mengikuti JAMKOPMANAS. Selain itu, delegasi tim Kopma Unsil mempersiapkan lomba-lomba yang pengumpulanya dilakukan secara online, seperti menyusun bussiness plan dan pembuatan poster propaganda koperasi.

Materi-materi yang dipelajari adalah semua hal yang menyangkut perkoperasian. Khususnya penggunaan metode LAPENKOP dalam pendidikan perkoperasian, sejarah koperasi di dunia maupun di Indonesia, bahkan tentang pariwisata dan kebudayaan Indonesia. Dalam prosesnya setiap anggota tim selalu berusaha untuk menumbuhkan chemistry pada masing-masing anggota tim, karena kekompakan merupakan bagian yang tidak dapat terlepas dalam proses pencapaian. Berbagai hambatan juga dilalui. Mulai dari sibuknya anggota tim pada kegiatan yang lain, serta kesibukan sebagai bagian tanggung jawabnya sebagai mahasiswa, pengurus, maupun bagian di kepanitiaan. Selain itu, besarnya dukungan dari seluruh elemen Kopma Universitas Siliwangi membuat kinerja anggota tim menjadi lebih maksimal.

Dicky Naufal Rizaldi selaku ketua umum Kopma Unsil berharap agar Kopma Unsil terus berkarya tidak cepat puas terhadap pencapaian ini karena masih banyak tantangan ke depannya tapi yakin Kopma Unsil akan bisa menghadapinya, dan pasca prestasi ini membuktikan bahwa anggota Kopma Unsil punya kualitas dan diharapkan melahirkan banyak kader Koperasi berkualitas untuk menjadi agen perubahan koperasi di Indonesia.

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung dan senantiasa mendoakan rekan-rekan kita yang sudah berjuang luar biasa. Insyaa Allah tahun 2018 JAMKOPMANAS akan dilaksanakan di Universitas Siliwangi, Tasikmalaya dengan Kopma Unsil sebagai tuan rumahnya. Berbanggalah kita sebagai bagian dari gerakan perkoperasian Indonesia khususnya Koperasi Mahasiswa.”, sambung Dicky.

(unsil.ac.id)