redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang menuju PIMNAS ke-32 Tahun 2019

avatar penulis

ifaroh ifaroh

21 July 2019

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Direktorat Jenderal dan Pembelajaran Kemenristek Dikti telah melakukan seleksi proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang untuk pendanaan tahun anggaran 2019. Mekanisme penyaluran dana akan dilakukan melalui kontrak kerja antara Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan dengan Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri atau Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi. Pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang dimulai setelah penandatanganan kontrak dan akan dilakukan monitoring dan evaluasi pada sekitar bulan Juni sampai dengan Juli 2019. Sebelum Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Eksternal, Perguruan Tinggi harus melakukan evaluasi internal terhadap proposal PKM yang diajukan ke Perguruan Tinggi masing-masing untuk memenuhi jumlah klaster-kuota yang diperoleh dan dibuktikan  dengan berita acara hasil evaluasi internal proposal PKM dan lampiran daftar judul. Universitas Siliwangi telah melaksanakan evaluasi internal dan mengirimkan 7 kelompok PKM yang terdiri dari :

  1. 1 kelompok PKM-PSH (Penelitian Sosial Humaniora)
  2. 1 kelompok PKM-PE (Penelitian Eksakta)
  3. 3 kelompok PKM-KC (Karsa Cipta)
  4. 1 kelompok PKM-K (Kewirausahaan)
  5. 1 kelomok PKM-M (Pengabdian kepada Masyarakat)

Untuk pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Eksternal yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti Dirjen Belmawa yang bertempat di Universitas padjadjaran pada tanggal 09-10 Juli 2019.

Kegiatan ini diikuti oleh 22 Perguruan Tinggi yang terdiri dari 67 kelompok PKM untuk mengikuti Monev di co-Host Universitas Padjadjaran.

67 kelompok PKM terdiri dari 16 kelompok bidang PKM-K, 9 kelompok PKM-KC, 3 kelompok PKM-M, 27 kelompok PKM-PE, 9 kelompok PKM-PSH, 3 kelompok PKM-T.

Masing-masing kelompok memaparkan presentasi laporan kemajuan PKMnya selama masing-masing 10 menit dan dilanjutkan dengan sesi diskusi selama 10 menit untuk diberikan penilaian oleh juri, untuk menentukan kelompok terbaik dan layak diundang PIMNAS.

Doakan teman-teman kita yang sedang berjuang untuk menuju PIMNAS ke-32 yang akan diselenggarakan di Universitas Udayana Bali akhir Agustus 2019.

Sumber:https://unsil.ac.id