APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Seminar Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang

avatar penulis

ifaroh ifaroh

3 August 2019

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Mahasiswa dan siswa yang telah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, di akhir pelaksanaan wajib mempresentasikan hasil PKL. Seperti yang diungkapkan oleh Widyaiswara BBPP Lembang sekaligus Manajer Inkubator Agribisnis, Rokhedi “Mahasiswa yang PKL di BBPP Lembang merupakan proses pembelajaran bagi mereka. Di akhir pelaksanaan PKL, mereka wajib membuat laporan yang dipresentasikan sebagai bentuk pertanggungjawaban kegiatan. Seminar dilaksanakan untuk menambah ilmu bagi penyaji dari widyaiswara yang hadir sebagai pembahas, pembimbing, sekaligus sebagai narasumber yang akan dijadikan sebagai referensi perbaikan laporan untuk dipresentasikan kembali di kampus masing-masing”.

Mahasiswa-i Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Kawarang (UNSIKA) sebanyak 14 orang, yang telah melaksanakan PKL di Inkubator Agribisnis Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang selama 1 bulan, 21 Januari – 21 Februari 2019, melaksanakan Seminar Hasil selama 2 hari berturut-turut, 20-21 Februari 2019. Seminar hasil dihadiri oleh Widyaiswara BBPP Lembang dan mahasiswa dari universitas lain yang sedang magang juga di BBPP Lembang.

Kajian magang dari 14 mahasiswa-i UNSIKA berbeda-beda, namun semuanya dilakukan di Inkubator Agribisnis,  yaitu: 1) Perbanyakan dan Aplikasi [I]Trichoderma sp[/I] pada Tanaman Kubis Bunga, 2) Pemeliharaan Tanaman Tomat Cherry, 3) Teknik Budidaya [B]Hidroponik[/B] Tanaman Kentang G0 Sistem [B]Irigasi Tetes[/B] dalam Screen House, 4) Teknik Budidaya [IMG]/images/bbpplembang_magang_UNSIKA2.JPG[/IMG]bbpplembang magang UNSIKA2Tanaman Selada Sistem [B]Hidroponik[/B] DFT, 5) Teknik Budidaya Kubis Bunga pada Tanaman Sela Kopi dan Jeruk, 6) Perbanyakan Anggrek secara In Vitro, 7) Mengolah dan Uji Preferensi Manisan Pepaya, 8) Teknik Budidaya Tanaman Kubis Bunga, 9) Teknik Budidaya Tanaman Cabai Rawit, 10) Teknik Budidaya Cabai Besar, 11) Teknik Budidaya Tanaman Brokoli pada Tanaman Sela Kopi dan Jeruk, 12) Teknik Budidaya Tanaman Brokoli, 13) Teknik Budidaya Tanaman Zukini, 14) Penanganan Pascapanen dan Pengolahan Kopi Arabica.

Proses seminar hasil PKL Mahasiswa UNSIKA berlangsung lancar dan komunikasi 2 arah antara mahasiswa yang melakukan presentasi dan audiens yang hadir terjalin dengan baik. Banyak pertanyaan, masukan, dan saran yang disampaikan baik oleh sesama mahasiswa maupun dari widyaiswara. (chetty)

sumber:http://www.bbpp-lembang.info