APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Mahasiswa S1 Dan S2 FKM Unsri Melakukan Studi Lapangan Ke PDAM Tirta Musi Palembang

avatar penulis

Kartika Putri

14 May 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Mahasiswa Peminatan Kesehatan Lingkungan dan K3 serta mahasiswa Program Studi Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sriwijaya (Unsri)  melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi 3 Ilir Palembang, Rabu (8/4/2024). 

Kegiatan yang termasuk dalam program mata kuliah ini diikuti oleh 107 mahasiswa yang terdiri dari 18 orang mahasiswa strata dua (S2) Peminatan Kesehatan Lingkungan dan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dan 89 orang mahasiswa strata satu (S1)  Program Studi Kesehatan Lingkungan.

Dari paparan tim Perusahaan Umum Daerah (Perumda) mahasiswa mendapatkan penjelasan tentang sejarah PDAM Tirta Musi yang telah mengalami tiga kali pergantian nama. Dari semula Water Ledeng, yang kala itu merupakan perusahaan peninggalan kolonial Belanda tahun 1929, kemudian di tahun 1983 berubah namamya menjadi Pendistribusian Air Bersih (PAB), dan tahun 1996 sampai dengan sekarang dikenal dengan nama PDAM Tirta Musi.

Perumda juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melihat secara langsung proses pengolahan air dari tahap netralisasi, koagulasi, flokulasi, sedimentasi, aerasi, filtrasi, dan desinfeksi air baku hingga menjadi air bersih yang siap untuk didistribusikan ke masyarakat kota Palembang.

Peserta kunjungan lapangan yang diharapkan mendapat pengalaman dan pembelajaran tentang pengolahan air di Perumda Tirta Musi Palembang 

juga diajak masuk ke laboratorium untuk melihat serta mendapatkan penjelasan tentang alat-alat dan proses pengujian parameter air yang digunakan untuk menentukan apakah air yang disalurkan kepada masyarakat telah memenuhi standar baku mutu air bersih yang ditetapkan oleh pemerintah.