redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

IMC, Kompetisi Matematika Hingga Workshop “MemBaTIK”

avatar penulis

Azrul Prayoga

14 April 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Infinity Mathematics Competition (IMC) yang digelar Program studi (Prodi) Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) bersama dengan Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika), Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) usai digelar, Sabtu (11/01/2020) kemarin.

IMC sendiri merupakan kompetisi matematika tingkat SMA-Sederajat se-Sulawesi Barat (Sulbar) dan kali ini diselenggarakan di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).

Mengusung tema “Raih Prestasi Demi Mewujudkan Generasi Milenial yang Matematis”. Kegiatan ini dirangkaikan dengan lomba desain poster tingkat SMA dan workshop Membuat Bahan Ajar Berbasis Teknologi, Informasi dan komunikasi (MemBaTIK).

Ketua panitia, Meryta Febrilian, S Si M Sc mengungkapkan kegiatan ini sarana untuk memperkenalkan dan mengajak siswa untuk mencintai matematika. “Melalui kegiatan ini, para siswa bisa lebih mencintai matematika sebagaimana matematika hari ini merupakan seni dan bahasa teknologi,” ungkapnya.

Kompetisi Matematika sendiri diikuti oleh 41 pelajar dari berbagai SMA dan sederajat yang ada di Sulbar. Puluhan pelajar tersebut berasal dari Kabupaten Majene dan Kabupaten Polewali Mandar, diantaranya MAN 1 Majene, MA DDI Majene, SMAN 1 Majene, SMAN 2 Majene, SMKN 1 Majene. Kemudian SMAN 1 Tinambung, SMKS Darul Hasanah Wonomulyo, SMAN 1 Polewali, dan SMAN 3 Polewali.

Dilaksanakan dalam 3 babak (babak penyisihan, semifinal, dan final), kompetisi tersebut berhasil dimenangkan oleh delegasi dari SMAN 2 Majene yakni Muhammad Adhen, disusul oleh Nur Aulia yang merupakan delegasi dari SMAN 1 Majene, dan delegasi dari SMAN 3 Polewali yakni TheofilusAde Putra menduduki posisi juara 3. Serta 2 peserta juara harapan yaitu Fahdal Hamdan dari SMAN 3 Polewali dan Dandi Saputra Lesmana dari SMAN 1 Tinambung.

Selain kompetisi Matematika, dilaksanakan pula lomba desain poster tingkat SMA-Sederajat dengan mengusung subtema lomba yaitu Matematika Pendidikan, Matematika IPTEK, dan Matematika Lingkungan.

Diikuti 8 tim dari berbagai sekolah dihasilkan 13 poster, yang berhasil dimenangkan oleh Dandi Ade Lesmana sebagai juara 1, dan juara 2 oleh Vani Vionita G, serta Muhammad Arif Aco Bello sebagai juara 3.

(unsulbar.ac.id)