redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Peduli Lingkungan, Mahasiswa Unsulbar dan Relawan Bersih-Bersih Pantai

avatar penulis

Azrul Prayoga

14 April 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Puluhan mahasiswa Hubungan Internasional (HI) Universitas Sulawesi barat (Unsulbar) bersama Mandar Heritage, Relawan 86 dan beberapa mahasiswa Taksin University Thailand melakukan aksi peduli pantai, Ahad (16/02/2020)

Kegiatan tersebut diadakan di Pantai Bababulo, Desa Bababulo Utara, Majene, mulai pukul 7.00 Wita pagi. Bersama masyarakat sekitar, para peserta antusias dalam aksi bersih-bersih pesisir pantai itu. Berselang tiga jam puluhan kantong sampah berhasil dikumpulkan.

Pemilihan Bababulo Utara sebagai lokasi aksi mengingat banyaknya sampah dan juga keinginan untuk membangun kesadaran masyarakat. Hal tersebut di ungkapkan langsung oleh Leader, Fadwa Fitriani.

"Salah satu relawan menganjurkan untuk lebih baik di pantai Bababulo. Karena kami juga ingin membangun kesadaran masyarakatnya, dilihat juga dari jenis sampah di pantai tersebut lebih banyak sampah masyarakat. Jadi akan lebih memudahkan mengontrol mereka," ujar mahasiswa HI 2017 itu.

Masyarakat sekitar pantai berterimakasih atas aksi ini dan siap membantu baik berupa tenaga maupun logistik seperti yang disampaikan Kepala Desa Bababulo Utara, Iskandar.

"Saya sangat banyak-banyak berterimakasih kepada mahasiswa Unsulbar, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami kalau perlu di tingkatkan lagi kegiatan bakti sosial ini lebih menyeluruh sekabupaten Majene," ungkapnya.

Sebanyak kurang lebih 5 truk sampah berhasil diangkut yang mana kemudian di kirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Mengingat potensi Pantai Bababulo Utara yang bisa dijadikan obejek wisata sekaligus kuliner, aksi tersebut akan terus dilanjutkan dan berharap diikuti lebih banyak partisipan.

(unsulbar.ac.id)